Liga Indonesia

Persib Gelar Tes Corona untuk Kedua Kalinya

Kamis, 26 Maret 2020 16:21 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Media Officer Persib
Beberapa pemain klub Liga 1 Persib Bandung menjalankan tes virus Corona atau COVID-19 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (26/03/20). Copyright: © Media Officer Persib
Beberapa pemain klub Liga 1 Persib Bandung menjalankan tes virus Corona atau COVID-19 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (26/03/20).

INDOSPORT.COM - Beberapa pemain Persib Bandung menjalankan tes virus Corona atau COVID-19 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (26/03/20). Tes tersebut dilakukan oleh petugas dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Pemain yang mengikuti tes yang digelar pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB tersebut diantaranya Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame dan Wander Luiz.

Selain itu, pada kesempatan tersebut pelatih Persib, Robert Rene Alberts dan perwakilan manajemen Persib Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim ikut menjalani tes.

Menurut Dokter tim Persib, Raffi Ghani, tes yang digelar untuk kedua kalinya oleh skuat Maung Bandung sangat penting untuk memastikan di tim kebanggaan Bobotoh tidak ada yang terpapar virus corona. Apalagi, bagi pemain asing, hasil tes tersebut sangat dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk bisa pulang ke negaranya masing-masing.

Selain itu, Raffi menjelaskan pada kesempatan tersebut, pemain yang menjalin tes mayoritas tidak ikut dalam tes sesi pertama beberapa waktu lalu.

"Ini adalah pengecekan kepada yang belum (tes). Ini untuk mendeteksi sedini mungkin apakah terpapar atau tidak virus corona. Dan bagi pemain asing beberapa memerkukan keterangan bebas COVID 19 untuk bisa pulang," kata Raffi dikutip laman Persib Bandung, Kamis (26/03/20).

Dokter yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini menjelaskan, tes yang dilakukan meliputi pemeriksaan sampel cairan dari hidung dan mulut. Hasil tes tersebut menurut Raffi, akan diketahui lima jam setelah sampel diterima laboratorium.

Raffi berharap, wabah virus corona bisa segera berakhir, sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal dan kompetisi sepak bola di Indonesia bisa bergulir kembali.

"Sekarang yang terpenting adalah kita semua bisa saling menjaga diri dan menjaga kebersihan. Kita berdoa agar penyebaran wabah ini bisa berhenti dan putus secepatnya," harapnya.

Sementara itu, aktivitas tim Persib saat ini sudah diliburkan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan tersebut diambil oleh Robert Alberts, seusai menggelar pertemuan dengan staf pelatih, official, pemain dan perwakilan manajemen Persib di Graha Persib, Selasa (24/03/20).