Liga Indonesia

Khawatir Pandemi Virus Corona, Bek Persib Dukung Penuh Keputusan PSSI

Rabu, 25 Maret 2020 21:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Fabiano Beltrame. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Fabiano Beltrame.

INDOSPORT.COM - Bek naturalisasi Persib Bandung, Fabiano Beltrame, mendukung penuh keputusan PSSI menyetop sementara Liga 1 dan Liga 2 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurut Fabiano, keputusan PSSI sudah tepat karena kesehatan dan keselamatan merupakan hal paling utama. Apalagi, penyebaran wabah virus korona atau covid-19 sudah lumayan menyebar di Indonesia.

Sebagai informasi, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan arahan langsung kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang tertulis dalam surat bernomor 1038/UDN/606/III-2020. Mereka resmi menyetop kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 hingga waktu yang belum ditentukan.

Hal tersebut menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo, terkait penyebaran virus corona dan surat dari Menpora Zainudin Amali tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah tersebut ke kegiatan olahraga. 

"Yang lebih penting baik untuk semuanya. Situasi ini akan banyak klub dan lainnya rugi, tapi tetap keselamatan dan kesehatan lebih utama," kata Fabiano Beltrame dikutip dari laman Persib Bandung, Rabu (25/3/20).

Fabiano menuturkan, jika kompetisi dipaksakan bergulir, resiko terpapar virus corona sangat besar. Pasalnya, dalam sebuah pertandingan akan banyak orang berkumpul dan sering kontak fisik.

"Karena kalau ada pertandingan, semua orang ingin datang. Dan jika virus ini masih ada, banyak orang yang berisiko besar. Lebih baik semua aman dulu, untuk kebaikan semua," jelasnya.

Sementara itu, pelatih Robert Rene Alberts sudah mengambil keputusan meliburkan aktivitas latihan Persib hingga batas waktu yang belum ditentukan per Selasa (24/3/20). Meski begitu, semua pemain diberi tugas wajib menjaga kebugaran.

Selain itu, sebelumnya Persib Bandung masih menggelar latihan sekitar sepekan, setelah pertandingan pekan ketiga Liga 1 2020 menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (15/3/20).