Liga Indonesia

Kesehatan Paling Berharga, Robert Rene Alberts 'Bubarkan' Aktivitas Persib

Rabu, 25 Maret 2020 16:15 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, meliburkan seluruh skuat demi menekan penyebaran virus Corona. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, meliburkan seluruh skuat demi menekan penyebaran virus Corona.

INDOSPORT.COM - Aktivitas Persib Bandung resmi diliburkan setelah menggelar latihan sekitar sepekan pasca-pertandingan pekan ketiga kompetisi Liga 1 2020. Alasannya tidak lain untuk menekan penyebaran virus corona atau covid-19.

Kepastian mengenai diliburkannya aktivitas tim berjuluk Maung Bandung, disampaikan langsung oleh pelatih Robert Rene Alberts via akun YouTube pribadinya, Selasa (24/3/20).

Menurut pelatih asal Belanda ini, keputusan diliburkannya aktivitas Persib diambil usai menggelar pertemuan dengan staf pelatih, ofisial, pemain, dan perwakilan manajemen di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

"Sekarang tanggal 24 Maret, ada pengumuman besar dari Persib Bandung. Kami baru saja meeting dengan para pelatih dan staf lainnya dan kami semua setuju Persib Bandung tak akan ada latihan lagi," kata Robert Rene Alberts.

Sebelumnya, Persib tetap menggelar latihan menyusul keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI menghentikan sementara kompetisi sekitar dua pekan, setelah pekan ketiga Liga 1 2020.

Namun, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan arahan langsung ke PT LIB yang tertulis dalam surat PSSI yang bernomor 1038/UDN/606/III-2020. Dijelaskan bahwa Liga 1 2020 dan Liga 2 dihentikan hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

Keputusan tersebut sekaligus menindaklanjuti arahan dari Presiden RI, Joko Widodo, terkait penyebaran virus corona dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olahraga. 

"Seharusnya Liga 1 akan diundur sampai tanggal 29 Maret, tapi sekarang kesehatan semua sangat beresiko, kesehatan para pemain kami, keluarga mereka juga," jelas Robert.

Robert Rene Alberts mengatakan bahwa kesehatan dan keselamatan sangat penting. Dia juga memberikan izin kepada seluruh pemain untuk pulang dulu ke kampung halamannya sambil menunggu perkembangan selanjutnya mengenai kompetisi Liga 1 2020.

"Kita barusan meeting dengan para pemain dan staf. Semua diperbolehkan pulang ke kampung halaman masing-masing, termasuk pemain asing kalau memang masih bisa melakukan penerbangan, imbuh Robert Rene Alberts.

"Kita harus memprioritaskan kesehatan karena hal itu penting sekali. Kesehatan para pemain dan staf kami harus benar-benar diperhatikan," pungkasnya.

Sementara itu, sebelum kompetisi dihentikan, Persib Bandung berhasil meraih poin penuh di tiga pertandingan awal Liga 1 2020. Perinciannya adalah menekuk Persela Lamongan (3-0), Arema FC (2-1), dan PSS Sleman (2-1).