Bola Internasional

Beri Imbauan Menggunakan Bahasa Indonesia, Matthew Steenvoorden Kode ke Timnas?

Jumat, 27 Maret 2020 09:26 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/@VI_ni
Pemain asal Belanda, Matthew Steenvoorden, tampaknya memberi sinyal harapan untuk bisa membela timnas setelah ia mengunggah postingan berbahasa Indonesia. Copyright: © Twitter/@VI_ni
Pemain asal Belanda, Matthew Steenvoorden, tampaknya memberi sinyal harapan untuk bisa membela timnas setelah ia mengunggah postingan berbahasa Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pemain sepak bola asal Belanda, Matthew Steenvoorden, tampaknya memberi sinyal harapan untuk bisa membela timnas Indonesia setelah ia mengunggah postingan di Instagram menggunakan bahasa Indonesia.

Bek tengah Belanda yang saat ini memperkuat klub Kroasia, HNK Gorica, yang bernama Matthew Steenvoorden, sebelumnya memang mengatakan ingin memperkuat timnas Indonesia. Pasalnya, dirinya sendiri memiliki darah Indonesia, yaitu dari sang kakek yang merupakan orang Semarang, Jawa Tengah.

"Harapanku di tahun baru, semoga HNK Gorica bisa lolos ke Liga Europa musim depan dan tentunya bisa bermain untuk timnas Indonesia, ujar sosok berusia 27 tahun itu pada akhir Desember 2019 yang lalu. Ia pun kabarnya juga berkomunikasi dengan PSSI bersama sang agen.

Menariknya lagi, mantan pemain Feyenord itu juga ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Bahkan, ia sampai pernah meminta bantuan dari netizen Indonesia agar proses naturalisasinya itu bisa segera selesai.

"Tidak ada kemajuan (tentang proses naturalisasinya) saat ini. Mungkin jika kalian tahu seseorang atau sesuatu yang dapat melancarkan hal tersebut, aku bisa menghubungi manajerku. Akan sangat bagis jika kalian menghubungkanku dengan pihak yang paham dengan proses (naturalisasi) itu," ucapnya penuh harap.

Selang beberapa bulan kemudian, Steenvoorden kembali membuat kejutan. Kali ini, ia mengunggah foto dirinya tengah tersenyum lebar (mungkin setelah mencetak gol) di akun Instagram pribadinya. Meski hal ini tampak biasa saja, tapi di bagian caption, pemain tersebut menuliskan kata-kata dengan bahasa Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Matthew Steenvoorden (@matthewsteenvoorden) on

"Stay home and stay safe. Di rumah aja dan jaga diri," tulisnya singkat terkait keputusan pemerintah di negara-negara di dunia atas upaya mereka untuk mengkarantina masyarakat demi mengantisipasi penyebaran virus corona.

Ini seperti kode bahwa dirinya sudah sangat ingin menjadi WNI dan bermain untuk timnas Indonesia atau Tim Garuda. Pada 27 Desember 2019, ia juga pernah mengunggah foto dengan caption berbahasa Indonesia yang intinya, ia ingin berterima kasih kepada semua pihak dan suporter. Ia pun mengungkapkan harapannya untuk bermain di timnas Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Matthew Steenvoorden (@matthewsteenvoorden) on

Matthew Steenvoorden sendiri memang baru 2019 yang lalu memperkuat HNK Gorica. Ia sudah dimainkan sebanyak 17 kali dan mampu mencetak satu gol meski berperan sebagai bek. Pada 2009-2010, ia juga pernah memperkuat Timnas Indonesia U-20.

IDS Emoticon Suka
Suka
42%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
8%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
8%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
8%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%