Liga Indonesia

Manajemen Persib Tanggapi Dihentikannya Liga 1 karena Corona

Jumat, 27 Maret 2020 17:03 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono memberikan komentar terkait ditundanya Liga 1 karena wabah virus corona. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono memberikan komentar terkait ditundanya Liga 1 karena wabah virus corona.

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono memberikan komentar terkait dihentikannya sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurut Kuswara, manajemen Persib memahami kondisi yang terjadi saat ini dan mengikuti keputusan yang diambil oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, demi kebaikan bersama.

Sebagai informasi, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan arahan langsung ke PT Liga Indonesia Baru (LIB). Arahan yang tertulis dalam surat PSSI yang bernomor 1038/UDN/606/III-2020 itu menjelaskan PSSI resmi menghentikan kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 hingga waktu yang tidak ditentukan.

Hal tersebut menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terkait penyebaran virus corona atau Covid-19 dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olahraga.

"Intinya begini, jadi Persib mengikuti apa yang disampaikan PT LIB atau PSSI sebagai otoritas sepak bola kita," kata Kuswara, Jumat (27/03/20).

Kuswara menambahkan, setelah ada keputusan kompetisi dihentikan sementara, manajemen dengan jajaran pelatih Persib langsung berkoordinasi dan mengambil langkah meliburkan dulu aktivitas skuat Maung Bandung, sambil menunggu perkembangan selanjutnya dari PT LIB.

"Jadi selama liga belum berjalan, Persib dalam posisi tim yang sedang diluburkan," ungkap Kuswara menambahkan.

Meski aktivitas tim Persib sedang diliburkan, namun pemain menurut Kuswara mendapatkan tugas dari pelatih Robert Rene Alberts untuk menjaga kebugaran dan tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Sehingga, saat kembali berlatih kondisi mereka tidak terlalu menurun.

"Posisi tetap para pemain mengikuti instruksi yang disampaikan oleh coach. Pemain lagi menunggu informasi lebih lanjut. Intinya seperti itu," jelasnya.

Sementara itu, sebelum kompetisi dihentikan, skuat Maung Bandung sudah melakoni tiga pertandingan di Liga 1 2020 menghadapi Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman. Pada tiga laga tersebut, Persib berhasil meraih kemenangan dan mengoleksi 9 poin.