Bola Internasional

Nekat Tak Pakai Masker di Belanda, Doan Van Hau Takut Didiskriminasi

Sabtu, 28 Maret 2020 07:13 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bek muda Timnas Vietnam, Doan Van Hau, baru saja menghebohkan medis sosial karena mengunggah foto tanpa menggunakan masker di Belanda.

Pemain kasta klub tertinggi Liga Belanda, Heerenveen, itu mengunggah foto di Facebook, dengan memegang bendera Vietnam.

Doan Van Hau mengajak seluruh masyarakat supaya bisa berperang melawan virus corona dengan tetap mengisolasi diri di dalam rumah.

"Kita masing-masing harus memiliki akal yang lebih baik untuk mengalahkan Covid-19 bersama-sama. Saya suka Vietnam," tulis Doan Van Hau.

Namun, banyak netizen dari Vietnam yang bertanya mengapa Doan Van Hau nekat tidak memakai masker ketika berada di jalanan Belanda.

Doan Van Hau pun kemudian membuat klarifikasi kalau ia takut didiskriminasi. Di Belanda ternyata masker hanya boleh dipakai oleh orang yang menderita sakit.

Sehingga, bila Doan Van Hau memakai masker, maka orang-orang di sekitarnya akan menjauhinya.

"Maaf, orang-orang, di sisi ini, mengenakan topeng akan mengatakan mereka sakit dan membeda-bedakan. Jika di Vietnam, saya masih akan memakai masker," tulis Doan Van Hau.

© Facebook
Bek Vietnam, Doan Van Hau, dipertanyakan netizen karena tidak menggunakan masker saat berada di jalanan Belanda. Copyright: FacebookBek Vietnam, Doan Van Hau, dipertanyakan netizen karena tidak menggunakan masker saat berada di jalanan Belanda.

Pemain berusia 20 tahun itu saat ini masih terjebak di Belanda karena wabah virus corona. Kompetisi Liga Belanda pun ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Di Liga Belanda, pahlawan kemenangan Vietnam atas Timnas Indonesia di SEA Games 2019 itu masih belum menemukan permainan terbaiknya.

Sejak bergabung bersama Heerenveen pada September 2019 lalu, Doan Van Hau baru bermain selama empat menit di laga resmi.