Liga Indonesia

Wander Luiz Positif Corona, Jadi Awal Kehancuran Persib di Liga 1 2020?

Sabtu, 28 Maret 2020 15:27 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Twitter/@Liga1Match
Penyerang asing Persib Bandung, Wander Luiz menjadi pemain Liga 1 2020 pertama yang positif terjangkit virus corona, Jumat (27/03/20). Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Penyerang asing Persib Bandung, Wander Luiz menjadi pemain Liga 1 2020 pertama yang positif terjangkit virus corona, Jumat (27/03/20).

INDOSPORT.COM - Penyerang asing Persib Bandung, Wander Luiz menjadi pemain Liga 1 2020 pertama yang positif terjangkit virus corona, Jumat (27/03/20).

Kabar kurang mengenakan tersebut disampaikan langsung oleh Wander Luiz lewat unggahan video singkat di akun media sosial Instagram pribadinya.

"Hello Bobotoh. Jadi saya mendapatkan tes (virus) corona dan hasilnya positif. Tapi saya merasa baik, tidak ada gejala," ucap Wander Luiz.

Lebih lanjut, Luiz juga mengaku akan mengikuti pedoman yang ada untuk mengisolasi diri sendiri dan berharap setiap orang di sekitarnya akan baik-baik saja.

"Saya juga berterima kasih kepada semua orang di Persib dan tim medis untuk proses tes (corona) yang mendukung," sambungnya.

Dirinya turut berharap untuk semua orang agar berhati-hati dan harus menjalani hidup sehat dalam melawan pandemi virus corona yang mewabah di Indonesia.

Dokter Persib Bandung, Rafi Ghani memberikan keterangan mengenai kondisi terkini Wander Luiz setelah dinyatakan positif terpapar virus corona.

Dilansir dari laman resmi Persib Bandung, Rafi Ghani mengatakan bahwa Wander Luiz akan menjalani karantina atau isolasi mandiri terlebih dahulu selama 14 hari di kediamanya. 

"Sesuai aturan, dia (Wander) akan melakukan isolasi mandiri, karena tidak mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, flu, atau kesulitan bernafas," ujar Rafi.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi Wander Luiz. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSelebrasi Wander Luiz bersama Persib di Liga 1 2020.

"Daya tahan tubuhnya kuat, dia hanya carrier atau pembawa virus di tubuhnya yang dikhawatirkan bisa menularkan pada seseorang yang memiliki imun tubuh lemah," sambungnya lagi.

Situasi ini pun tentunya menjadi malapetaka bagi Persib di Liga 1 2020. Apalagi, pemain yang terserang virus corona ini merupakan mesin gol mereka pada musim baru ini.

Sekedar mengingatkan kembali, Wander Luiz mampu mengoleksi 4 gol dari 3 pertandingan awal Liga 1 2020. Hasil itu membuatnya menjadi top skor sementara di ajang ini.

Dengan catatan apiknya tersebut, tentunya seluruh elemen Persib berharap agar hal ini tidak menjadi awal kehancuran Maung Bandung di kompetisi Liga 1 2020.

Karena seperti yang diketahui, virus corona sendiri menyerang sistem kekebalan tubuh hingga paru-paru. Virus itu akan menginfeksi sejumlah sel yang melapisi tenggorokan, saluran udara, termasuk paru-paru.

Paru-paru sendiri merupakan salah satu ‘mesin’ yang sangat dibutuhkan oleh pesepakbola profesional. Mengingat, ketahanan napasnya tergantung dari sehat atau tidaknya paru-paru sang pemain.

Apabila virus corona yang diderita Wander Luiz sudah menyerang bagian paru-paru sang pemain, maka hal ini akan sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan kariernya.

Namun sebagai pecinta sepak bola nasional tentunya sangat mengharapkan agar Wander Luiz bisa pulih dari penyakit corona ini dan kembali meremput sebagai mesin gol Persib di Liga 1 2020.

Kendati demikian, bukan berarti jika Persib tidak memiliki sosok Wander Luiz mereka akan hancur di Liga 1 2020. Apabila ada sosok pengganti yang sepadan, tentunya mereka bisa mempertahankan posisinya di punca klasemen sementara.