Bola Internasional

Elkan Baggott dan Para Bintang Eropa yang Juga Diperebutkan Dua Negara

Minggu, 29 Maret 2020 21:32 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© instagram.com/elkanbaggott/
Elkan Baggott dan Para Bintang Eropa yang Juga Diperebutkan Dua Negara Copyright: © instagram.com/elkanbaggott/
Elkan Baggott dan Para Bintang Eropa yang Juga Diperebutkan Dua Negara

INDOSPORT.COM - Temasuk Elkan Baggot, berikut ini para bintang sepak bola Eropa yang juga diperebutkan dua negara untuk memperkuat timnas mereka di turnamen resmi.

Nama Elkan Baggott sendiri belakangan menjadi perbincangan hangat media olahraga Tanah Air, di mana pemain muda berusia 16 tahun tersebut dikabarkan tengah menjadi perebutan Timnas Indonesia dan Thailand. 

Kabar itu muncul setelah media Vietnam, Thethao, menyebutkan bahwa Thailand yang menjadi tempat kelahiran Elkan Baggot juga berniat untuk menaturalisasi pemain berdarah Indonesia tersebut.

Meski belum pasti apakah Timnas Thailand benar menginginkan jasanya, Elkan Baggot yang baru saja pulih dari cedera tersebut sempat memberikan jawaban tegas terkait masa depan karirnya. 

Menurut Elkan, ia lebih menyukai bergabung bersama Timnas Indonesia lantaran di Indonesia lah keluarganya berasal dan ia ingin membawa harum tanah kelahiran keluarganya.

"Jawaban saya untuk pertanyaan itu (Timnas yang dipilih), saya lebih suka bermain untuk Indonesia karena di sana keluarga saya berasal, berharap terpilih untuk Piala Dunia U-20 dan itulah yang saya inginkan," ucapnya kepada INDOSPORT.com.

Dalam dunia sepak bola, mengambil pemain keturunan atau naturalisasi pemain adalah hal yang sangat wajar bahkan dua Timnas sekelas Inggris dan Perancis saat ini juga diperkuat bintang yang tidak lahir dari negara mereka.

Prancis misalnya, mereka diperkuat dua pemain yang bukan kelahiran Perancis yakni Thomas Lemar dan Samuel Umtiti saat menjuarai Piala Dunia 2018 lalu. Sedangkan Inggris saat ini bertumpu kepada Raheem Sterling, yang sejatinya lahir di Jamaika.

Berdasarkan fakta tersebut, tidak heran jika banyak Timnas mulai memantau dan mengincar pemain yang memiliki garis keturunan dari negara mereka.

Selain Elkan Baggot, di benua Eropa sana ternyata masih ada beberapa bintang lain yang menjadi perebutan dua negara untuk memperkuat Timnas masing-masing.

Lantas siapa sajakah pemain tersebut dan negara mana yang memperebutkan mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum dan menulisnya.

Scott McTominay
Nama pertama adalah Scott McTominay, gelandang Manchester United tersebut memang tampil memukau sejak dipercaya tampil bersama skuat senior The Red Devils. Di musim ini dirinya telah mencatatkan 20 pertandingan dengan total 4 gol dan dua assist.

Meroketnya performa McTominay membuat dua negara asal Britania raya yakni Inggris dan Skotlandia berebut untuk mendapatkan servicenya.

McTominay akhirnya memilih Skotlandia sebagai Timnas yang akan diperkuat, gelandang 23 tahun tersebut memilih negara kelahiran ayahnya meski ia sendiri lahir di Lancaster, Inggris.

Gedion Zelalem
Berikutnya ada mantan pemain muda Arsenal, Gedion Zelalem yang diperebutkan Timnas Jerman dan juga Amerika Serikat

Gedion Zelalem memang lahir di Jerman, namun ia tinggal di Washington, Amerika Serikat pada usia 9 sampai 15 tahun sebelum akhirnya pindah ke Inggris dan bergabung dengan akademi sepak bola Arsenal.

Gelandang berusia 23 tahun tersebut sempat bermain untuk timnas U-17 Jerman, tapi kemudian menolak panggilan masuk ke tim U-18 Jerman pada 2014. Menariknya pada tahun 2015, Gedion menerima panggilan Timnas U-23 Amerika Serikat dan bermain di Piala Dunia U20 2015. 

Karamoko Dembele
Terakhir ada Karamoko Dembele, pemain berusia 17 tahun milik Celtic tersebut dikabarkan tengah menjadi perebutan timnas Inggris dan juga Skotlandia.

Kemampuan Karamoko Dembele sendiri memang layak menjadi perebutan dua negara besar di Britania Raya. sebab di usia 13 tahun ia telah menembus kuat U20 Celtic.

Di musim ini, pemain yang berposisi sebagai winger tersebut telah tampil sebanyak tiga pertandingan di semua ajang termasuk satu penampilan di ajang Liga Europa.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%