Liga Inggris

Virus Corona Masih Mewabah, Kompetisi Liga Inggris Bakal Dilanjutkan Bulan Juli?

Minggu, 29 Maret 2020 11:38 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga Inggris Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga Inggris

INDOSPORT.COM – Penyenggara Liga Inggris berencana menyelesaikan musim 2019-2020 pada bulan Juli mendatang meski harus digelar secara tertutup.

Dilansir dari Sport Mirror, kompetisi Liga Inggris akan menyelesaikan sisa pertandingan selama empat hingga enam pekan pada musim panas mendatang.

Sementara Piala Liga Inggris juga akan diselesaikan dalam waktu yang sama setelah pihak penyelenggara mendiskusikan rencana ini dengan FA Inggris.

Meski akan tetap dilanjutkan, namun pertandingan akan digelar secara tertutup untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona yang saat ini telah merenggut ribuan nyawa di seluruh dunia.

Seperti diketahui, rencana kompetisi Liga Inggris akan dilanjutkan atau tidak telah menimbulkan kontroversi di antara pihak FA, penyelenggara dan klub.

Namun, pihak FA dan penyelenggara merasa bahwa kompetisi tetap harus dilanjutkan guna mengurangi risiko kerugian finansial dan masalah hukum dengan hak siar.

Absennya pertandingan sejam pertengahan bulan Maret telah membuat klub tidak memiliki pemasukan. Kondisi ini paling dirasakan oleh klub yang berada di kasta ketiga dan keempat sepak bola Inggris.

FA sendiri sudah memperpanjang penangguhan kompetisi hingga 30 April mendatang, di mana sebagian besar tim Liga Inggris masih memiliki sembilan pertandingan yang belum dimainkan.

Namun, sebanyak delapan klub di 10 besar Liga Inggris diyakini menentang kompetisi dilanjutkan. Artinya, mereka mendesak FA untuk menghentikan liga apapun risikonya.

Sejauh ini, Liverpool masih bercokol di puncak klasemen Liga Inggris dengan perolehan poin 82. Tim asuhan Jurgen Klopp itu masih unggul 25 poin dari tempat kedua, Manchester City.