Liga Inggris

Dibayangi Sanksi UEFA, Ini 3 Cara Agar Liga Inggris 2019/20 Bisa Selesai

Sabtu, 28 Maret 2020 10:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Catherine Ivill/Getty Images
Dibayangi Sanksi UEFA, Ini 3 Cara Agar Liga Inggris 2019/20 Selesai Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Dibayangi Sanksi UEFA, Ini 3 Cara Agar Liga Inggris 2019/20 Selesai

INDOSPORT.COM - Tengah dibayangi sanksi UEFA dan pandemi virus Corona yang belum juga usai di benua Eropa, berikut tiga cara yang bisa dicoba FA agar Liga Inggris 2019/20 bisa selesai.

Liga Inggris sendiri memang telah tertunda selama beberapa pekan, hal tersebut dikarenakan wabah virus Corona yang mulai menyebar di daratan Eropa termasuk Inggris, bahkan FA telah memperpanjang masa penangguhan hingga 30 April.

Dengan masa penangguhan yang cukup lama, Liga Inggris 2019/20 berpotensi menyelesaikan musim hingga memasuki awal musim 2020/21 pada Mei atau malah Juni.

Hal inilah yang membuat otoritas sepak bola Inggris (FA) menggelar sejumlah rapat untuk membahas bagaimana ajang domestik musim ini dituntaskan, dan salah satu opsinya dengan menganggap kompetisi 2019/20 tidak bergulir.

Namun jika memilih alternatif tersebut, maka FA berpotensi mendapat hukuman dari UEFA. Melansir laman The Sun, disebutkan jika FA bakal mendapat hukuman dari UEFA jika mereka menghapus gelaran Liga Inggris 2019/20.

Hukuman itu berupa tidak adanya wakil Inggris yang berhak berkompetisi di ajang antarklub Eropa musim depan, seperti Liga Champions dan Liga Europa.

Dengan pernyataan tersebut, maka mau tidak mau kompetisi Liga Inggris musim ini harus tetap berjalan atau setidaknya diputuskan siapa yang berhak menjadi juara.

Ditengah pandemi virus Corona yang belum usai, berikut beberapa alternatif yang mungkin bisa dicoba FA untuk tetap menggelar Liga Inggris dan menuntaskan kompetisi musim ini. 

Main Tanpa Penonton

Cara pertama untuk membuat Liga Inggris tetap berjalan adalah, dengan bertanding tanpa kehadiran penonton seperti yang pernah diterapkan dalam beberapa laga Liga Europa musim ini.

Dengan minimnya jumlah keramaian, dapat mengurangi resiko penularan virus Corona saat pertandingan berlangsung dan kompetisi pun bisa berjalan normal hingga pekan terakhir. 

Klub Wajib Pastikan Pemain dan Markas Bebas Virus

Namun untuk menjalankan pertandingan tanpa penonton, harus ada syarat yang wajib dipenuhi tiap klub yakni status negatif virus Corona semua elemen dalam tim, mulai dari pemain, pelatih hingga staff kepelatihan.

Jika para tim yang bertanding memiliki status negatif, kecil kemungkinan bakal tersebarnya wabah virus Corona dalam tiap pertandingan. Liga pun bisa berlangsung normal, meski terasa hambar lantaran sepi tanpa kehadiran suporter.

Main Per 3 Hari Sekali

Demi menyelesaikan kompetisi tepat waktu, tiap tim mau tidak mau harus bermain lebih ekstra lantaran Liga Inggris sebelumnya sempat tertunda beberapa pekan.

Besar kemungkinan masing-masing klub Liga Inggris bakal bertanding hingga tiga laga dalam sepekan, dengan demikian sisa waktu yang terpotong akibat Corona beberapa pekan lalu bisa terbayar dan kompetisi bisa berakhir tepat waktu.

1