Liga Indonesia

Pesepak bola Top Indonesia Bagikan Jurus Ampuh Perangi Corona, Ada Egy Maulana Vikri

Minggu, 29 Maret 2020 17:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pesepak bola muda asal Sumut yang bermain di klub Eropa Polandia Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pesepak bola muda asal Sumut yang bermain di klub Eropa Polandia Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri.

INDOSPORT.COM - Penyebaran virus corona di Indonesia semakin hari semakin luas. Hampir seluruh wilayah sudah berhasil ditembus oleh virus asal Wuhan, China, ini.

Imbas penyebaran virus corona, berbagai kegiatan terhenti di Tanah Air, tak terkecuali kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2. Seluruh elemen sepak bola nasional tak tinggal diam, setidaknya mereka berbagi tips dan motivasi.

Sederet bintang sepak bola Indonesia dari Zahra Muzdalifah, Febri Hariyadi hingga Egy Maulana Vikri berbagi memerangi virus Corona.

Strategi pertama diungkap bintang Persib Bandung, Febri Hariyadi. Dia berpesan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci pakai air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

“Jangan lupa awasi kebersihan tanganmu dan selalu gunakan antiseptik atau cuci tanganmu selama 20 detik. Ikuti instruksi WHO sebelum cuci tangan. Kurangilah memegang wajahmu sebelum kamu mencuci tangang agar tidak terpapar oleh virus ini,” ucap Febri Hariyadi.

Dilanjutkan strategi kedua disampaikan pemain timnas putri Indonesia asal Persija Jakarta, Zahra Muzdalifah. Pemain berparas cantik ini meminta semua pihak menutup hidung bila bersin.

“Selalu tutup hidung dan mulutmu ketika bersin atau batuk, atau bisa gunakan masker apabila kamu merasa flu dan batuk,” kata Zahra.

Strategi ketiga giliran dipaparkan pemain timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri. Winger yang bermain di Liga Polandia ini meminta untuk sementara waktu menghindari tempat keramaian.

“Jauhi tempat dengan potensi keramaian tinggi. Untuk sementara, tetap di rumah dan menjaga kesehatan adalah strategi terbaik dalam melawan Virus Corona,” papar Egy.

Sementara strategi pamungkas diterangkan eks kapten timnas Indonesia Ponaryo Astaman. Dia meminta semua pihak untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh.

“Keempat, selalu perhatikan kondisi kesehatanmu. Apabila kamu merasa kurang sehat, selalu penuhi asupan gizimu dan minumlah vitamin," ucap Ponaryo Astaman.

"Isolasi dirimu dengan bertahan dari rumah adalah protokol yang juga dianjurkan pemerintah Indonesia apabila sedang sakit,” pungkas pria yang kini menjabat General Manager Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) tersebut.