Bola Internasional

Vietnam Jadi Bukti Kalau Timnas Indonesia Bisa Rajai ASEAN Kelak, Faktor Shin Tae-yong?

Minggu, 29 Maret 2020 21:05 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Keberhasilan pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo menukangi Vietnam menjadi bukti Timnas Indonesia bakal menjadi raja di ASEAN. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Keberhasilan pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo menukangi Vietnam menjadi bukti Timnas Indonesia bakal menjadi raja di ASEAN.

INDOSPORT.COM - Bukan tidak mungkin timnas Indonesia di bawah era Shin Tae-yong akan berhasil duduk di atas Vietnam dan merajai sepak bola ASEAN.

Baru-baru ini pemain asal Nigeria yang memperkuat klub Vietnam, Hai Phong FC, bernama Hoang Vissai membocorkan rahasia kekuatan timnas Vietnam di bawah asuhan Park Hang-seo.

Dilansir dari zing.vn, Hoang Vissai yang sudah 14 tahun bermain di Liga Vietnam merasakan perbedaan kualitas para pemain Vietnam setelah Park Hang-seo ditunjuk sebagai pelatih kepala pada 2017 silam.

Sebelum kedatangan Park Hang-seo, pemain timnas Vietnam sangatlah buruk dalam segi fisik. Bahkan Hoang Vissai mengakui kalau ia dulu sangat leluasa dalam menghalau serangan pemain lokal.

Namun setelah Park Hang-seo datang, ia jadi keteteran bila menghalau serangan striker berlabel timnas Vietnam. Ternyata para pemain Vietnam di masa lalu memiliki masalah serupa timnas Indonesia saat ini, yakni ketahanan fisik.

"Di masa lalu, para pemain Vietnam memiliki masalah di kekuatan fisik mereka. Tetapi sekarang, mereka dapat bermain dengan baik, bahkan di babak kedua," ujar Hoang Vissai.

"Apa yang dibawa pelatih Park Hang-seo terhadap kekuatan fisik para pemain sangat besar," ucapnya menambahkan.

Dengan adanya Park Hang-seo, Vietnam perlahan bangkit dan sukses menjuarai Piala AFF 2018 silam. Saat ini Vietnam menjelma menjadi tim yang ditakuti di khususnya ASEAN.

Tentu bukan tidak mugkin Timnas Indonesia akan menyusul langkah Vietnam. Apalagi Shin Tae-yong telah melakukan langkah yang tepat dalam memimpin latihan.

Dalam beberapa pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum mau fokus dengan taktik dan teknik melainkan fisik terlebih dahulu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%