In-depth

Dihuni Bintang Persija, Gresik United Pernah Jadi Dream Team Liga Indonesia 2015

Senin, 30 Maret 2020 21:11 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dihuni Bintang Persija, Gresik United Pernah Jadi Dream Team Liga Indonesia 2015. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dihuni Bintang Persija, Gresik United Pernah Jadi Dream Team Liga Indonesia 2015.

INDOSPORT.COM – Dengan dihuni bintang Persija Jakarta, Gresik United pernah menjadi dream team di Liga Indonesia 2015, tapi sayang mereka gagal juara.

Gresik United yang memasuki tahun 2010 mulai mengalami masa suram dengan lebih sering mendekam di papan bawah, mencoba untuk membuat kejutan pada Liga Indonesia 2015. Gresik United pun mencoba untuk membangun tim impiannya.

Hasilnya, sejumlah pemain bintang berhasil didatangkan seperti legenda Timnas Indonesia, Bima Sakti, Herman Dzumafo, Shohei Matsunaga, hingga bintang Persija Jakarta saat ini yaitu Riko Simanjuntak. Dream team Gresik United itupun ditangani pelatih bertangan dingin.

Sosok itu adalah Liestiadi yang sukses memadukan barisan pemain bintang yang ada di Gresik United. Setidaknya itu terlihat di 3 laga awal Liga Indonesia 2015 di mana secara mengejutkan, Gresik United berada di puncak klasemen dengan nilai sempurna.

Saat itu, Gresik United berhasil mengalahkan Borneo FC, Mitra Kukar di kandang, serta menang tandang atas Barito Putera. Penampilan konsisten Gresik United saat itu sukses membawa mereka sendirian di puncak klasemen unggul 3 poin atas Persipura Jayapura.

Sayang, meskipun Gresik United saat itu tiba-tiba menjelma menjadi calon kuat juara Liga Indonesia 2015, ternyata mereka pada akhirnya gagal total. Impian dari dream team Gresik United untuk menjuarai Liga Indonesia 2015 dibunuh oleh FIFA.

© goal.com
Logo resmi FIFA. Copyright: goal.comFIFA.

Kegagalan Dream Team Gresik United

Pada saat itu, kompetisi Liga Indonesia 2015 harus terhenti setelah terjadi kisruh di tubuh PSSI dan hadirnya sanksi FIFA. Awal kekisruhan berawal dari rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia atau BOPI untuk tak mengikutsertakan Arema Cronus dan Persebaya ISL.

Rekomendasi itupun ternyata berubah dengan memperbolehkan dua tim itu untuk bertanding di Liga Indonesia 2015. Namun ketika kompetisi berjalan dengan Gresik United di puncak klasemen sementara, PSSI terpaksa menghentikan sementara Liga Indonesia.

Situasi semakin memanas ketika PSSI justru secara resmi dibekukan oleh Kemenpora pada 18 April 2015. Drama berlanjut dengan PSSI sendiri ternyata juga menghentikan kompetisi Liga Indonesia pada 2 Mei 2015.

Melihat kekisruhan yang terjadi di sepak bola Indonesia semakin keruh, FIFA pun hadir dan memberi sanksi terhadap PSSI. Sontak, secara resmi Liga Indonesia 2015 pun dihentikan sekaligus memupus ambisi Gresik United untuk menjadi juara.

Kini 5 tahun setelah insiden itu, bagaimana kabar terkini Gresik United?

Kabar Terkini Gresik United

Gresik United diketahui terdegradasi dari kasta teratas Liga Indonesia sehingga mereka harus bermain di Liga 2. Permasalahan yang dialami Gresik United ternyata sangat pelik hingga membuat mereka terdegradasi lagi ke Liga 3 pada musim 2018.

Persegres Gresik United Copyright: Instagram@persegresfcPersegres Gresik United

Di Liga 3 2019, Gresik United langsung tersingkir dari babak pra nasional dari Celebest, Semeru, dan PS Ngada. Siapa sangka hanya dalam waktu 5 tahun, Gresik United dari dream team telah berubah menjadi tim kasta bawah.

Dari calon juara Liga Indonesia 2015, menjelma menjadi klub kasta ketiga Liga Indonesia. Namun begitu Gresik United 2015 tetap akan dikenang sebagai salah satu tim terkuat yang pernah ada tapi gagal juara Liga Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
29%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
14%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
14%
IDS Emoticon Marah
Marah
43%