Bola Internasional

Jika Joey Suk Jadi Dinaturalisasi, 3 Bintang Timnas Indonesia Ini Patut Waspada

Senin, 30 Maret 2020 18:14 WIB
Editor: Coro Mountana
© Instagram/@joeysuk
Jika Joey Suk Jadi Dinaturalisasi, 3 Bintang Timnas Indonesia Ini Patut Waspada. Copyright: © Instagram/@joeysuk
Jika Joey Suk Jadi Dinaturalisasi, 3 Bintang Timnas Indonesia Ini Patut Waspada.

INDOSPORT.COM – Jika seandainya Joey Suk benar-benar dinaturalisasi, 3 bintang Timnas Indonesia ini patut waspada karena posisinya bisa terancam.

Joey Suk, adalah pemain berkebangsaan Belanda yang memiliki darah Indonesia dan ingin dinaturalisasi. Joey Suk pun sempat menjalani naturalisasi pada 2011 bersama Diego Michiels dan Ruben Wuarbanaran, namun prosesnya alami kebuntuan.

“Saya belum menjadi WNI, warga negara Indonesia, tapi saya harap tida lama lagi. Proses naturalisasi sedang berjalan, saya harap segera selesai,” ujar Joey Suk kepada media olahraga Kroasia, cityportal.hr.

Melihat kabar terkini yang menunjukkan kalau Joey Suk sedang menjalani peforma terbaiknya bersama klubnya saat ini, HNK Gorica (klub Kroasia), bukan tidak mungkin ia akan segera dinaturalisasi Timnas Indonesia.

Jika Joey Suk benar-benar dinaturalisasi, sepertinya 3 bintang Timnas Indonesia ini patut waspada, siapa saja?

Evan Dimas

Pertama ada Evan Dimas yang posisinya sama dengan Joey Suk yaitu sebagai gelandang tengah. Tak ada yang menyangsikan Evan Dimas adalah salah satu gelandang tengah terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia.

Akan tetapi itu hanya ia tunjukkan di level junior, di senior, Evan Dimas masih belum menunjukkan potensi terbaiknya sebagai Xavi Hernandes Indonesia. Jika begini terus, bukan tidak mungkin kalau kehadiran Joey Suk justru mengancam posisi Evan Dimas sebagai metronome Timnas Indonesia.

Zulfiandi

Tak hanya mampu menempati posisi gelandang tengah, ternyata Joey Suk juga piawai memerankan gelandang bertahan dan itu jelas menjadi ancaman bagi Zulfiandi. Gelandang bertahan Timnas Indonesia, Zulfiandi sendiri sejatinya merupakan pemain potensial.

Bahkan mantan pelatihnya, Luis Milla, pun pernah memujinya sebagai salah satu anak didiknya yang paling cerdas. Sayang penampilan angin-anginannya bersama Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 patut menjadi sorotan.

Satu blunder fatalnya kala melawan Uni Emirat Arab turut memberi andil pada kekalahan telak Timnas Indonesia saat itu, 0-5.

Stefano Lilipaly

© Twitter/@theafcdotcom
Stefano Lilipaly membayangi lawan saat Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: Twitter/@theafcdotcomStefano Lilipaly membayangi lawan saat Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

Nama terakhir adalah Stefano Lilipaly yang juga terancam jika Joey Suk benar-benar dinaturalisasi oleh Timnas Indonesia. Seperti yang kita tahu kalau selama kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia kurang kreatifitas di lini serang, padahal Stefano Lilipaly sudah main.

Kehadiran Joey Suk yang bisa bermain bagus di gelandang serang jelas bisa membuat Stefano Lilipaly duduk di bangku cadangan. Salah satu pertandingan terbaik Joey Suk di HNK Gorica terjadi saat ia bermain sebagai gelandang serang dengan mencetak gol penentu kemenangan atas Hadjuk Split dalam lanjutan Liga Kroasia.

Berbekal kemampuannya bermain di multi posisi, Joey Suk andai dinaturalisasi, bisa mengancam 3 bintang Timnas Indonesia yaitu Stefano Lilipaly, Evan Dimas dan Zulfiandi.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
17%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%