Liga Indonesia

Ada Eks Persib, Deretan Pelatih Tertua yang Kini Tangani Klub Liga 2 2020

Selasa, 31 Maret 2020 18:03 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© pabidaian.blogspot/Wikipedia
Berikut ada deretan pelatih tertua yang kini tangani sejumlah klub di kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 2 2020. Copyright: © pabidaian.blogspot/Wikipedia
Berikut ada deretan pelatih tertua yang kini tangani sejumlah klub di kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 2 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut ada deretan pelatih tertua yang kini tangani sejumlah klub di kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 2 2020.

Liga 2 2020 telah dimulai sejak Sabtu (14/03/20) lalu. Laga pembuka mempertemukan Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra yang berakhir 3-2.

Kendati berhasil menggelar sejumlah pertandingan tetapi ada pula partai lain yang tidak bisa dimainkan atas beragam hal.

Meski demikian, Liga 2 2020 harus ditangguhkan sementara waktu oleh PSSI karena Indonesia tengah diserang wabah virus corona (COVID-19).

PSSI mengambil keputusan tersebut usai menggelar pertemuan dengan operator PT LIB, perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2, serta Kemenpora.

Terbaru PSSI berencana menghentikan kompetisi musim 2020 jika hingga akhir Mei keadaan Indonesia semakin gawat akibat dampat virus corona.

Kendati begitu, sebelum Liga 2 2020 bergulir, sebanyak 24 klub telah mempersiapkan diri guna bisa mengharumkan nama daerah masing-masing.

© Galang Kurniawan/INDOSPORT
Logo klub-klub Liga 2 2020. Copyright: Galang Kurniawan/INDOSPORTLogo klub-klub Liga 2 2020.

Target mereka sejak awal telah mematok promosi atau tidak degradasi. Sehingga pemilihan kepala pelatih serta pemain sangat ditekankan.

Tak jarang klub Liga 2 2020 ada yang mengontrak pelatih asing guna bisa menghasilkan prestasi. Namun ada pula yang masing percaya tuah pelatih lokal.

Pelatih bisa dibilang sebagai pekerjaan yang cukup berat. Karena beban dan tanggung jawab akan skema di lapangan ada di pundaknya.

Meski demikian ada sisi lain yang bisa ditelisik bersama akan deretan pelatih di Liga 2 2020 yang ternyata memiliki usia yang cukup tua. Siapa saja?

1. Jaya Hartono

© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih Perserang Serang Jaya Hartono saat memimpin anak asuhannya Official Training (OT) di Stadion Teladan, Medan, Jumat (05/07/2019) sore. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT Copyright: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORTMantan pelatih Perserang Serang Jaya Hartono saat memimpin anak asuhannya Official Training (OT) di Stadion Teladan, Medan, Jumat (05/07/2019) sore. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT

Pelatih asal Medan, Sumatera Utara Jaya Hartono bisa dibilang sebagai juru taktik yang memiliki usia tua. Kini Jaya berusia 56 tahun atau per 20 Oktober nanti genap 57.

Jaya saat ini menangani peserta Liga 2 2020, PSCS Cilacap. Namun dirinya belum bisa melakoni debut pada musim ini karena laga harus ditunda.

Sejumlah klub di Indonesia pernah memakai jasa Jaya Hartono seperti Persib Bandung. Jaya juga merupakan mantan pemain Timnas Indonesia era 80 dan 90-an.

2. Bambang Nurdiansyah

© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Bambang Nurdiansyah dalam konfrensi pers pasca kemenangan 5-1 atas Arema FC di Liga 1 2019. Copyright: Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORTMantan pelatih PSIS Semarang, Bambang Nurdiansyah dalam konfrensi pers pasca kemenangan 5-1 atas Arema FC di Liga 1 2019.

Berikutnya ada pelatih kelahiran Banjarmasin, yakni Bambang Nurdiansyah. Juru skema yang kini berusia 59 tahun itu bisa disebut sebagai pelatih tertua.

Pasalnya Bambang masih dipercaya untuk menangani klub Liga 2 2020, yakni Muba Babel United. Debutnya pun sukses meraih kemenangan penting.

Mampu mengalahkan Persekat Tegal dengan skor 3-0 di pekan perdana membuat Muba Babel United memuncak klasemen sementara wilayah barat sebelum akhinya ajang ini dihentikan.

3. Herry Kiswanto

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Sulut United, Herry Kiswanto. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTMantan pelatih Sulut United, Herry Kiswanto. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pada posisi puncak pelatih tertua di Liga 2 2020 ditempati oleh Herry Kiswanto. Kini Herry berusia 64 tahun dan pada 25 April nanti genap ke-65.

Meski demikian, kelihaian Herry dalam meracik skema permainan tak perlu diragukan oleh publik. Buktinya Herry dipercaya menangani Cilegon United di Liga 2020.

Meski begitu debut Herry bersama Cilegon United tercoreng usai kalah 0-2 dari Perserang. Sehingga Cilegon United sementara menduduki posisi sembilan.