In-depth

Mengenal Oliver Rifai, Wonderkid Belanda Berdarah Bandung

Selasa, 31 Maret 2020 14:38 WIB
Editor: Coro Mountana
© sport.de
Mengenal Oliver Rifai, Wonderkid Belanda Berdarah Bandung. Copyright: © sport.de
Mengenal Oliver Rifai, Wonderkid Belanda Berdarah Bandung.

INDOSPORT.COM – Indonesia selalu tak pernah kehilangan talenta berbakat di sepak bola, salah satunya adalah Oliver Rifai, wonderkid Belanda berdarah Bandung.

Siapa sangka jika di Belanda, tersemat satu sosok pesepakbola berbakat yang ternyata berketurunan Indonesia, dia adalah Oliver Sucipto Rifai. Darah Indonesia mengalir dari dalam tubuh Oliver Rifai diketahui berasal dari sang ayah yang asli Bandung.

Sedangkan sang ibu, merupakan orang Belanda asli yang lahir di Amsterdam. Yang mengejutkan, ternyata kakek dan nenek Oliver Rifai diketahui pada 2011 tinggal di Margasari, Jawa Tengah.

Sebenarnya, latar belakang Indonesia sudah diketahui seak 2017 ketika Kemenpora merilis daftar pemain keturunan dan Oliver Rifai ada di dalam sana. Meski begitu, pasti banyak yang belum mengenal Oliver Rifai, berikut INDOSPORT coba hadirkan profil singkatnya.

Mengenal Oliver Rifai

Lahir di Amsterdam pada 15 Juni 1993, membuat Oliver Rifai sudah besar dalam lingkungan sangat disiplin ala Belanda. Tak terkecuali jika bicara sepak bola, oleh karena itu Oliver Rifai sejak kecil sudah sangat serius ingin menjadi pemain profesional.

Untuk itu, Oliver Rifai menghabiskan waktunya untuk belajar di tim muda AZ Alkmaar guna mengembangkan kemampuannya. Sejak masih remaja, potensi dari bakat besar Oliver Rifai memang sudah menonjol.

Hal itu juga yang menjadi penyebab dirinya masuk dalam jajaran wonderkid Belanda hingga dipanggil Timnas U-17. Ketika itu, KNVB menyurati Oliver Rifai untuk masuk memperkuat Timnas Belanda U-17.

Berposisi sebagai bek tengah, Oliver Rifai memiliki ketahanan fisik yang cukup mumpuni melawan para penyerang-penyerang Eropa di sana. Akhirnya pada 2012, Oliver Rifai mendapatkan debut profesionalnya bersama Telstar.

Pada pertandingan itu, Oliver Rifai berhasil membawa Telstar menahan imbang Sparta Rotterdam dengan skor ketat 3-3 di stadion Kastel. Selama membela Telstar hingga 2015, Oliver Rifai telah bermain dalam 67 pertandingan berdasarkan data dari Transfermarkt.

© sport.de
Oliver Rifai calon naturalisasi bisa direkrut Persita Copyright: sport.deOliver Rifai calon naturalisasi bisa direkrut Persita

Setelah itu, Oliver Rifai malang melintang di berbagai klub Belanda hingga kini diketahui ia sedang membela VV HBOK. Dapat memerankan posisi sebagai bek tengah, bek kiri hingga gelandang bertahan, membuat Oliver Rifai dapat beradaptasi dengan taktik apapun.

Meski sudah masuk dalam pantauan Kemenpora pada 2017, tampaknya belum ada isu Oliver Rifai bakal dinaturalisasi Timnas Indonesia. Apapun itu, Oliver Rifai yang punya pengalaman bermain di Timnas junior Belanda sudah pasti memiliki kemampuan mumpuni.

Bisa jadi jika dinaturalisasi, Oliver Rifai bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia, apalagi usianya masih di tahap produktif. Itulah Oliver Sucipto Rifai, wonderkid Belanda yang ternyata memiliki darah Bandung dalam tubuhnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%