Bola Internasional

Mengenal Sinjo Leninduan, Gelandang Belia Berdarah Maluku yang Merintis Karier di Eredivisie Belanda

Rabu, 1 April 2020 10:57 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Sinjo Leninduan, Gelandang Belia Berdarah Maluku yang Merintis Karier di Eredivisie Belanda Copyright: © INDOSPORT
Sinjo Leninduan, Gelandang Belia Berdarah Maluku yang Merintis Karier di Eredivisie Belanda

INDOSPORT. COM - Ada lagi pemain keturunan Indonesia di Eropa. Sinjo Leninduan, sosoknya memiliki darah Maluku dan sedang merintis karier bersama klub Eredivisie Belanda.

Fenomena pemain keturunan Indonesia yang manggung dalam pentas sepak bola Eropa, belakangan hangat diperbincangkan publik. Belum lama, nama Elkan Baggott, bek klub Liga Inggris, Ipswich Town ini jadi pusat perhatian karena diperebutkan Timnas Indonesia dan Thailand.

Tak lama berselang, muncul sosok Jim Croque, penyerang belia Eropa berdarah Jawa. Jim Croque sempat mengaku ingin membela Timnas Indonesia, dan musim depan akan gabung klub raksasa Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem.

Segala cerita tentang pemain keturunan Indonesia di Eropa pun seakan menjadi pemandangan yang wajar. Faktor historis Indonesia yang pernah dijajah bangsa Eropa, ataupun pernikahan dengan orang luar negeri, jadi beberapa penyebab fenomena tersebut bisa terjadi.

Kali ini, muncul lagi nama pemain keturunan Indonesia di Eropa. Teranyar, ada sosok bernama Sinjo Leninduan, gelandang belia berdarah Maluku, yang merintis karier bersama klub Eredivisie Belanda.


Profil Singkat Sinjo Leninduan

Sinjo Leninduan lahir ke dunia pada 23 Februari 2004 silam. Jika dihitung, usia Sinjo Leninduan kini masih sangat muda, yakni 16 tahun.

Berdasarkan data Transfermarkt, Sinjo Leninduan merupakan tipe pemain yang handal untuk ditempatkan sebagai gelandang. Bakat olah bolanya pun sedang diasah bersama klub Eredivisie Belanda, NEC Nijmegen.

Momen Sinjo Leninduan gabung NEC Nijmegen tercipta sekitar tahun 2018 lalu. Tepat 1 Juli 2018, Sinjo Leninduan diboyong NEC Nijmegen dari akademi muda Achilles Youth.

Setelah itu, Sinjo Leninduan dipoles selama setahun oleh akademi muda NEC Nijmegen. Barulah pada 1 Juli 2019, Sinjo Leninduan lulus dari jenjang akademi dan dipromosikan ke tim NEC Nijmegen U-17.

Sinjo Leninduan pun jadi salah satu andalan NEC Nijmegen U-17 dalam mengarungi kompetisi Eredivisie Belanda U-17. Sepanjang musim 2019/20, Sinjo Leninduan telah tampil empat kali mengisi lini tengah klubnya, dan mampu menyumbangkan satu gol.

Soal identitas kewarganegaraan, situs Transfermarkt menuliskan Sinjo Leninduan dengan dua bendera, yakni Belanda dan Indonesia. Artinya, Sinjo Leninduan menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia yang manggung di pentas Eropa.

Merangkum data dari berbagai sumber, Sinjo Leninduan disebutkan memiliki darah keturunan Maluku. Misalnya dari channel Youtube mavian zero art, yang pada 18 Mei 2019 merilis video tentang asal muasal Sinjo Leninduan dan menyebut daerah Maluku.

Berkaca dari segala uraian di atas, suatu saat nanti ada kemungkinan Sinjo Leninduan akan jadi bagian dari Timnas Indonesia. Kiprah Sinjo Leninduan bakal memimpin barisan lini tengah dan mengatur tempo serangan Skuat Garuda.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%