Liga Indonesia

Menimbang Skuat Garuda Select vs Timnas U-19 untuk Piala AFF U-19 2020

Kamis, 2 April 2020 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - PSSI bersama Shin Tae-yong sudah melangsungkan seleksi dan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19, jelang perhelatan Piala AFF U-19 2020 di Indonesia. Namun, skuat Garuda Select baru saja kembali dari Inggris dan belum sempat mengikuti seleksi tersebut.

Setidaknya, dari 53 pemain yang dipanggil seleksi, ada 28 pemain yang mengikuti pemusatan latihan atau TC di Thailand pada Januari 2020 lalu. Namun, program TC tahap akhir tidak bisa dilanjutkan karena pandemi virus Corona yang melanda Tanah Air dan sebagian wilayah Asia Tenggara.

Beberapa pemain yang terjaring saat TC di Thailand, merupakan alumni Timnas U-16 yang juga pernah menjuarai Piala AFF U-16 2018 lalu, seperti Ernando Ari Sutaryadi, Bagas Kaffa, Yudha Febrian, Komang Teguh, Kartika Vedhayanto, Sutan Zico, Hamsa Lestaluhu, dan lain-lain.

Namun, beberapa pemain kenamaan juga harus absen lantaran membela skuat Garuda Select di Inggris dan Italia, sebut saja Bagus Kahfi, David Maulana, Brylian Aldama, Fajar Fathurrahman, Andre Oktaviansyah, dan Muhammad Risky Sudirman. Tiga pemain yang disebut di awal, bahkan masih berada di Inggris hingga saat ini.

Tak dapat dipungkiri jika Garuda Select merupakan program pembinaan pemain usia muda yang perlu diperhitungkan, karena para pemain sudah berpengalaman menjajal lawan tangguh dari akademi sepak bola Eropa. Umumnya pemain berusia 17 tahun, sehingga amat layak untuk menghuni skuat Timnas U-19.

Beberapa jebolan Garuda Select yang layak diperhitungkan, misalnya Muhammad Rafli Asrul dan Alfriyanto Nico Saputro yang berstatus sebagai top skorer bersama Bagus Kahfi. Keduanya juga memiliki pengalaman matang selama membela klub di kompetisi Elite Pro Academy U-16 2019.

Dari lini pertahanan, duet Kakang Rudianto dan Dodi Irawan bahkan tidak tergantikan, hingga keduanya memiliki jam terbang paling tinggi bersama skuat Garuda Select. Selain itu, ada pula dua kiper jangkung yang terus menunjukkan kualitasnya di Eropa, yakni Yogi Hermawan dan Erlangga Putra.

Rasanya, sederet pemain Garuda Select juga layak diperhitungkan untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19, dan tampil membela Merah Putih di Piala AFF U-19 2020, di mana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah, dan rencananya akan digelar pada Agustus nanti.

Namun, seiring dengan pandemi virus Corona, PSSI menyatakan jika gelaran Piala AFF U-19 2020 akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Barangkali hal ini bisa menjadi kesempatan bagi pelatih Shin Tae-yong untuk melakukan seleksi pada penggawa Garuda Select yang baru tiba di Indonesia.

Tak hanya Piala AFF U-19 2020, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga menyatakan Piala AFF U-16 2020 dan Piala AFF U-18 Putri juga harus mengalami penundaan selama pandemi Corona, sebab Indonesia juga ditunjuk untuk menjadi tuan rumah dua turnamen sepak bola usia muda tersebut.