Bola Internasional

Bertransformasi Layaknya Marco Motta, Begini Penjelasan Yanto Basna

Jumat, 3 April 2020 19:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna kini menjalani tahun ketiga bermain di Liga Thailand dan dalam kurun waktu tersebut ia mengalami perubahan posisi bermain. Jika diperhatikan, kemampuan Yanto Basna tersebut mirip pemain anyar Persija Jakarta yang juga eks Juventus, Marco Motta. 

Yanto Basna dipercaya memainkan posisi baru, sebagai gelandang bertahan di klub barunya, PT Prachuap FC. Hal itu tentu menjadi pengalaman baru, lantaran pemain 24 tahun itu merupakan seorang bek tengah.

Meski demikian, Yanto menyatakan tidak ada kendala. Ia tetap enjoy dan menganggap hal tersebut sebagai sala satu cara meningkatkan kualitas diri, apalagi di sepak bola modern, pemain dituntut untuk siap kapan pun dimainkan.

"Sebenarnya ada persiapan sejak di latihan, lalu pelatih percayakan diposisi itu, jadi ya saya siap," katanya.

"Itu belajar juga buat ke depan bisa main di beberapa posisi dan itu baik kenapa tidak. Saya siap kapan pun dimainkan di gelandang buat bantu tim ini," imbuhnya.

Sejak awal meniti karier, setidaknya sudah tiga posisi yang dimaikan Yanto Basna. Pertama kali ia dikenal sebagai seorang bek kanan ketika membela Mitra Kukar dan mengantarkan tim tersebut juara Piala Jenderal Sudirman 2015, dimana ia dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Selanjutnya, Yanto diplot sebagai bek tengah saat hijrah ke Persib Bandung pada 2016 lalu. Kini, mahasiswa Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mencoba posisi baru sebagai gelandang bertahan di Liga Thailand.