Liga Indonesia

Solusi untuk Nasib Wasit yang Memprihatinkan karena Liga 1 Behenti

Jumat, 3 April 2020 14:52 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger/INDOSPORT
Wasit berlisensi FIFA asal Indonesia, Dwi Purba Adi Wicakcana, untuk sementara harus vakum dari aktivitas memimpin kompetisi karena dampak antisipasi virus corona. Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Wasit berlisensi FIFA asal Indonesia, Dwi Purba Adi Wicakcana, untuk sementara harus vakum dari aktivitas memimpin kompetisi karena dampak antisipasi virus corona.

INDOSPORT.COM - Pandemi Corona membuat roda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 berhenti sementara. Komite wasit pun kini mencari solusi terkait nasib anggotanya yang terekena imbas tak mendapat bayaran karena tidak ada pertandingan 

Uang penghasilan yang diharapkan dari memimpin laga kini tidak bisa para wasit tersebut dapatkan. Hal ini pun turut menjadi perhatian Komite Wasit.

Diutarakan oleh Sonhadji selaku Komite Wasit, bahwa ia sedang mencari solusi terkait permasalahan ini. Sonhadji akan berdiskusi dengan PSSI demi mendapat solusi terkait nasib wasit Indonesia.

"Saat ini kami memang memikirkan ke arah sana, dengan kompetisi berhenti, perangkat pertandingan nasibnya bagaimana. Sekarang posisi kami sudah berdiskusi dengan PSSI dan PT LIB (operator Liga), yang jelas kami pasti memikirkan nasib mereka (wasit)," kata Sonhadji.

Sonhadji sejatinya ingin permasalahan ini segera terselesaikan. Namun PT LIB selaku operator juga kesulitan karena memang belum ada pemasukan.

"Sekarang kan wasit dibayar per petandingan, kalau tidak ada pertandingan mereka pasti tidak dibayar dan tidak ada pemasukan. Sebenarnya kami ingin semua bisa terbayar, tapi kondisinya sekarang PT LIB juga sedang cari solusi yang tepat," tukas pria yang juga menjbat komisari di PT LIB ini.

Di tengah pandemi Virus Corona ini, Sonhadji mengakui jika PT LIB belum menerima pemasukan apa pun dari sponsor.