Liga Indonesia

3 Bintang Timnas Indonesia yang Bisa Tergeser Jika Oliver Rifai Dinaturalisasi

Sabtu, 4 April 2020 15:37 WIB
Editor: Coro Mountana
© sport.de
3 Bintang Timnas Indonesia yang Bisa Tergeser Jika Oliver Rifai Dinaturalisasi. Copyright: © sport.de
3 Bintang Timnas Indonesia yang Bisa Tergeser Jika Oliver Rifai Dinaturalisasi.

INDOSPORT.COM – Setidaknya, bakal ada 3 bintang Timnas Indonesia yang bisa tergeser jika Oliver Rifai dinaturalisasi.

Oliver Rifai, adalah seorang wonderkid berkebangsaan Belanda berdarah Bandung. Darah Indonesia Oliver Sucipto Rifai diketahui berasal dari sang ayah yang merupakan orang Bandung asli.

Sedangkan sang ibu, merupakan orang Belanda asli yang lahir di Amsterdam. Karier Oliver Rifai sendiri tidaklah buruk-buruk amat karena ia ternyata sempat dipanggil untuk membela Timnas Belanda U-17.

Dan saat ini, Oliver Rifai diketahui sedang membela salah satu klub Belanda bernama VV HBOK. Berbekal potensi besarnya itu, bisa jadai Oliver Rifai bakal dinaturalisasi suatu hari nanti mengingat dirinya telah masuk dalam daftar pemain keturunan yang telah dipantau Kemenpora.

Andai Oliver Rifai dinaturalisasi, setidaknya ada 3 bintang Timnas Indonesia yang bisa saja tergeser.

Zulfiandi

Posisi Oliver Rifai yang merupakan seorang gelandang bertahan, jelas bisa mengancam Zulfiandi. Apalagi gelandang bertahan Timnas Indonesia itu sedang dalam peforma yang menurun terutama di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Satu kesalahan fatalnya saat bertandang ke markas Uni Emirat Arab menjadi bukti kalau Zulfiandi tengah mengalami penurunan. Dengan penurunan itu, naturalisasi Oliver Rifai yang punya pengalaman bermain di Eropa bisa saja menggeser Zulfiandi di Timnas Indonesia.

Yanto Basna

Selain bisa memerankan posisi sebagai gelandang bertahan, Oliver Rifai juga mampu bermain sebagai bek tengah. Melihat peran Hansamu Yama  yang sangat sentral sebagai seorang pemimpin di lini belakang, rasanya Oliver Rifai belum bisa menggeser bek Persebaya Surabaya itu.

Tapi Oliver Rifai memiliki kesempatan untuk menggeser Yanto Basna yang tampil sangat mengecewakan bersama Timnas Indonesia dalam beberapa laga terakhir. Berbekal pelatihan fisik nan berat ala Eropa, jelas Oliver Rifai memiliki potensi lebih besar dibanding Yanto Basna.

Ricky Fajrin

© Media PSSI
Ricky Fajrin saat menguasai bola di pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Selasa (19/11/19) malam WIB disorot oleh media asing. Copyright: Media PSSIRicky Fajrin saat menguasai bola di pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Selasa (19/11/19) malam WIB disorot oleh media asing.

Terakhir, ternyata Oliver Rifai juga diketahui bisa bermain sebagai bek sayap kiri jika diperlukan. Sedangkan, posisi bek kiri Timnas Indonesia sendiri saat ini belum ada yang benar-benar mengisinya secara permanen.

Posisi bek kiri pun secara bergantian diisi oleh Yustinus Pae, Ricky Fajrin hingga Abduh Lestaluhu. Namun tampaknya Shin Tae-yong bakal lebih sering mengandalkan Ricky Fajrin yang usianya lebih muda dan potensi berkembang lebih besar.

Namun tentu kondisi fisik Ricky Fajrin boleh jadi bisa kalah dengan Oliver Rifai yang ditempa dengan latihan keras ala Eropa.

Meskipun kariernya di Belanda tidak terlalu istimewa, tapi Oliver Rifai yang punya pengalaman main di Eropa bisa saja menggeser 3 bintang Timnas Indonesia andai ia dinaturalisasi.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
50%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%