Liga Inggris

Para Bintang Manchester United Donasikan Puluhan Miliar untuk Perangi Corona

Sabtu, 4 April 2020 02:15 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Indra Citra Sena
© Bradley Collyer/PA Images via Getty Images
Para bintang Manchester United dikabarkan mendonasikan dana 3,5 juta poundsterling (71,3 miliar rupiah) untuk NHS (Layanan Kesehatan Masyarakat). Copyright: © Bradley Collyer/PA Images via Getty Images
Para bintang Manchester United dikabarkan mendonasikan dana 3,5 juta poundsterling (71,3 miliar rupiah) untuk NHS (Layanan Kesehatan Masyarakat).

INDOSPORT.COM – Para bintang Manchester United dikabarkan mendonasikan dana 3,5 juta pound (sekitar Rp71,3 miliar) untuk NHS alias Layanan Kesehatan Masyarakat.

Dilansir dari Daily Mail, dana sebesar itu diambil dari potongan 30 persen gaji tiap bulan yang diterima oleh para bintang Setan Merah tersebut.

Hal itu dilakukan seiring meningkatnya tekanan kepada para bintang sepak bola Liga Inggris untuk rela memotong gaji mereka. Nantinya, dana senilai Rp71,3 miliar tersebut akan didonasikan kepada NHS yang terdapat di kota Manchester.

Keputusan yang diambil oleh para bintang United ini patut diacungi jempol. Mereka adalah klub pertama yang berani mengambil keputusan memotong gaji mereka untuk membantu NHS dalam menghadapi krisis akibat pandemi yang diakibatkan oleh virus Corona (Covid-19).

Harry Maguire, kapten United sebelumnya telah bertemu dengan Ed Woodward dan mengutarakan ide baik tersebut. Andalan di lini belakang tersebut juga menyatakan jika semua pemain yang ada di skuat utama setuju untuk melakukan hal itu.

Ini adalah langkah yang baik. Pasalnya banyak suporter bola yang memandang para bintang sepak bola ini adalah sosok tak tersentuh dan tetap aman meskipun Corona mengancam umat manusia.

Di beberapa klub, banyak karyawan non-kepelatihan yang dipecat akibat klub beralasan jika dia tidak mampu membayar beban gaji mereka.

Semoga langkah Manchester United bisa langsung ditiru oleh semua kontestan Liga Inggris 2019-2020. Jika semuanya meniru, bukan tak mungkin jika NHS-NHS yang tersebar seantero Britania Raya bisa bernapas lega dan tak lagi khawatir soal dana selama krisis.