Liga Indonesia

Gaji di PSM Bakal Dipangkas karena Corona, Ini Rencana Bayu Gatra

Minggu, 5 April 2020 19:31 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Official PSM Makassar
Gaji para pemain klub Liga 1, PSM Makassar termasuk Bayu Gatra sepertinya bakal dipangkas oleh pihak manajemen klub menyusul absennya kompetisi karena virus corona. Copyright: © Official PSM Makassar
Gaji para pemain klub Liga 1, PSM Makassar termasuk Bayu Gatra sepertinya bakal dipangkas oleh pihak manajemen klub menyusul absennya kompetisi karena virus corona.

INDOSPORT.COM - Gaji para pemain klub Liga 1, PSM Makassar sepertinya bakal dipangkas oleh pihak manajemen klub. Situasi tersebut membuat penyerang sayap lincah, Bayu Gatra ingin merintis usaha di tengah masa pandemi virus corona di Indonesia saat ini.

Terhentinya Liga 1 2020 hingga Juni 2020 akibat pandemi virus corona membuat seluruh klub menjerit akibat pemasukan berkurang drastis. Namun sejatinya, para pesepakbola pun turut merasakan krisis finansial menyusul wacana pemangkasan gaji.

Para klub Liga 1 2020 diizinkan oleh PSSI membayar para pemainnya maksimal hanya 25 persen dari kontrak kerja hingga Juni mendatang. Tentu saja, pemangkasan gaji sampai 75 persen merupakan nilai yang sangat besar bagi para pemain sepak bola di Indonesia.

Terlebih lagi, mayoritas pemain profesional Indonesia hanya menjadikan sepakbola sebagai mata pencaharian utama. Belum banyak pesepakbola yang memiliki sumber pendapatan lain seperti mendirikan usaha sendiri ataupun yang lainnya.

Dengan situasi seperti yang telah dijabarkan di atas membuat para pesepakbola Indonesia harus mencari penghasilan lain. Sebab meraka tentu saja harus memenuhi kebutuhan hidup untuk beberapa bulan ke depan hingga Liga 1 2020 kembali digulirkan.

Pemain PSM Makassar, Bayu Gatra pun telah mengancang-ancang untuk merintis usaha di kampung halamannya, Jember. Bahkan, sejak mudik pada pekan lalu, pesepakbola berusia 28 tahun ini fokus membantu usaha jualan milik kedua orang tuanya.

"Ya saat ini saya banyak membantu di toko milik orang tua. Selain itu, saya coba membuat usaha sendiri juga selama Liga 1 2020 terhenti," ungkap Bayu Gatra kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT via aplikasi pesan instan WhatsApp, Minggu (05/04/20).

Bayu Gatra direkrut PSM Makassar secara cuma-cuma dari Madura United pada jendela transfer awal musim Liga 1 2018 lalu. Pengguna nomor punggung 23 ini diikat kontrak dengan durasi dua musim atau tepatnya berakhir pada Desember 2020 mendatang.

Dari delapan laga yang telah dimainkan PSM Makassar sebelum memasuki masa pandemi virus corona, Bayu Gatra bermain sebanyak lima kali. Dengan rincian, masing-masing empat kali di ajang Piala AFC 2020 dan sekali pada kompetisi Liga 1 2020.