Liga Indonesia

Mantan-mantan Pemain Asing Persipura Jayapura yang Tak Kunjung Miliki Klub

Minggu, 5 April 2020 20:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© repro.eu/wikipedia
Berikut ini ada deretan mantan-mantan pemain asing Persipura Jayapura yang tak kunjung miliki klub pasca dilepas pada era Liga 1. Copyright: © repro.eu/wikipedia
Berikut ini ada deretan mantan-mantan pemain asing Persipura Jayapura yang tak kunjung miliki klub pasca dilepas pada era Liga 1.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada deretan mantan-mantan pemain asing Persipura Jayapura yang tak kunjung miliki klub pasca dilepas pada era Liga 1.

Persipura merupakan salah satu klub papan atas di pentas sepak bola tertinggi Tanah Air. Prestasi mereka bisa dibilang sangat luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan Persipura kerap mengharumkan nama Indonesia di pentas Asia atau Asia Tenggara. Terakhir Persipura bisa menembus babak semifinal Piala AFC sebelum akhirnya tumbang.

Tiap musim, Persipura selalu mengorbitkan pemain muda mereka ke publik. Hal ini menandakan kalau regenerasi di skuat Mutiara Hitam terus berjalan hingga kini.

Tak hanya itu, para talenta lokal ini mampu bersaing dengan intensitas tinggi ke sejumlah pemain asing yang dikontrak oleh manajemen Persipura untuk mengarungi musim.

Sejak dinamakan Liga 1 pada 2017 lalu, peserta Liga 1 diberikan hak untuk mengontrak pemain asing sebanyak empat orang saja, yakni tiga negara bebas dan satu dari Asia (3+1).

Hal ini pun berusaha dimaksimalkan Persipura untuk bisa membuat mereka tangguh di kancah Liga 1 dalam semusim melawan wakil-wakil Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Meski begitu sebagian pemain asing yang pernah berkiprah untuk Persipura ada yang mendapatkan kontrak ataupun dilepas manajemen lewat evaluasi dari sang kepala pelatih.

Usai dilepas nasib mereka ada yang mujur mendapatkan klub baru ataupun hingga kini tak kunjung dikontrak oleh tim. Maka berikut ini merupakan deretan pemain asing yang nganggur usai dilepas Persipura.

1. Ibrahim Conteh

© Sudjarwo/INDOSPORT
Gelandang Sierra Leone yang memperkuat Persipura Jayapura, Ibrahim Conteh. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTGelandang Sierra Leone yang memperkuat Persipura Jayapura, Ibrahim Conteh. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

Salah satu rekrutan anyar Persipura untuk pentas Liga 1 2019 lalu ialah Ibrahim Conteh. Pemain berusia 23 tahun itu berposisi sebagai gelandang tengah.

Conteh tampil sebanyak 25 kali dengan membuat satu gol dan dua assists serta tujuh kartu kuning selama membela Persipura di pagelaran Liga 1.

Akan tetapi manajemen Persipura lebih memilih untuk melepas Conteh. Bahkan hingga kini pemain asal Sierra Leone itu belum memiliki klub baru.

2. Abdoulaye Maiga

© Twitter@PerselaFC
Loris Arnaud (kanan) dan Abdoulaye Maiga. Copyright: Twitter@PerselaFCMantan bek Persipura Jayapura Abdoulaye Maiga (kiri) dan eks striker Persela Lamongan Loris Arnaud (kanan) .

Lalu ada pemain belakang kelahiran Mali Abdoulaye Maiga yang juga sempat dikontrak oleh Persipura ketika bakal mengarungi pentas Liga 1 2018 lalu.

Bek dengan postur 188 cm itu hanya membuat sembilan penampilan saja tanpa menyumbang gol. Hasilnya, Maiga harus dilepas Persipura pada pertengahan musim.

Usai dilepas, Maiga diketahui tak kunjung memiliki klub baru hingga saat ini berdasarkan data statistik pemain sepak bola, yakni Transfermarkt.

3. Mauricio Leal

© liga-indonesia.id
Bek Mitra Kukar Mauricio Aparecido Leal kala berduel dengan pemain Perserui. Copyright: liga-indonesia.idBek Mitra Kukar Mauricio Aparecido Leal kala berduel dengan pemain Perserui.

Terakhir ada bek asal Brasil Mauricio Leal yang juga diketahui belum memiliki klub baru pasca dilepas manajemen Persipura beberapa waktu lalu.

Bek dengan tinggi 187 cm itu sempat membela Persipura pada awal Liga 1 2017 lalu. Leal membuat 16 penampilan tanpa gol juga turut mengumpulkan tiga kartu kuning.

Akan tetapi kerja sama keduanya harus berakhir di pertengahan musim. Usai sempat membela Mitra Kukar (setengah musim) di Liga 1 2018, kini Leal belum juga memiliki klub baru.