Bola Internasional

Setim di Klub Eropa, Matthew Steenvoorden Puji Habis Penampilan Joey Suk

Minggu, 5 April 2020 05:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© VI Images via Getty Images
Bermain bareng di tim Eropa, gelandang Belanda berdarah Semarang, Matthew Steenvoorden, memuji sesama pemain keturunan Indonesia, Joey Suk. Copyright: © VI Images via Getty Images
Bermain bareng di tim Eropa, gelandang Belanda berdarah Semarang, Matthew Steenvoorden, memuji sesama pemain keturunan Indonesia, Joey Suk.

INDOSPORT.COM - Bermain bareng di tim Eropa, gelandang Belanda berdarah Semarang, Matthew Steenvoorden, memuji sesama pemain keturunan Indonesia, Joey Suk.

Steenvoorden sebelumnya memang pernah menyatakan bahwa ia memiliki darah Indonesia. Pemain berusia 26 tahun ini mengaku sang kakek berasal dari Jawa Tengah, tepatnya daerah Semarang. 

Memiliki darah Indonesia, Matthew Steenvoorden berharap dapat membela timnas Indonesia dan membantu skuat Garuda meraih prestasi yang lebih baik di kancah Asia hingga dunia.

Saat ini, gelandang berusia 27 tahun tersebut tengah berkarier di kasta teratas Liga Kroasia dengan memperkuat HNK Gorica, dan menariknya ia berada satu tim dengan pemain keturunan Indonesia lain, Joey Suk.

Sekedar mengingatkan kembali, Joey Suk merupakan pesepak bola asal Belanda keturunan Indonesia yang sudah terang-terangan ingin menjadi WNI sejak beberapa tahun lalu. 

Pada 2019, Joey Suk sendiri mengungkapkan proses naturalisasi yang ia jalani di Indonesia. Ia menceritakan proses menjadi WNI di media olahraga Kroasia, cityportal.hr.

Berada dalam satu tim, membuat kedua pemain ini tampil akrab bahkan Matthew Steenvoorden tidak sungkan melempar pujian kepada Joey Suk.

Steenvoorden menyebut jika Joey Suk adalah pemain yang bagus, serta tipikal gelandang box-to-box yang tangguh dan cocok untuk memperkuat timnas Indonesia.

"Ya saya kenal dia (Joey Suk), dia adalah pemain yang bagus dan tipikal gelandang box-to-box kreatif," ucap Matthew Steenvoorden.

Tidak cuma memuji, jebolan Feyenoord ini juga menjelaskan bahwa Joey Suk sering membagikan cerita saat mengikuti pelatihan timnas U-23 beberapa tahun lalu. Sebuah momen yang membuatnya semakin tidak sabar untuk segera berseragam Merah-Putih.

Duet Matthew Steenvoorden dan Joey Suk sendiri terbilang cukup impresif bersama HNK Gorica musim ini. Keduanya mampu mengantarkan Guricani menduduki peringkat keenam klasemen sementara Liga Kroasia berkat perolehan 35 poin.