Liga Champions

Iker Casillas Sarankan Final Liga Champions Digelar Bulan Desember

Senin, 6 April 2020 23:05 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Miguel Riopa
Iker Casillas menyarankan final Liga Champions digelar pada bulan Desember. Copyright: © Miguel Riopa
Iker Casillas menyarankan final Liga Champions digelar pada bulan Desember.

INDOSPORT.COM – Kiper legendaris Real Madrid, Iker Casillas, melontarkan saran ekstrem tentang kalender sepak bola Eropa untuk membereskan masalah yang ditimbulkan pandemi corona.

Seperti diketahui, sejumlah kompetisi sepak bola Eropa, termasuk liga domestik seperti LaLiga Spanyol dihentikan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan akibat pandemi corona.

Sementara itu, kompetisi kontinental seperti Liga Champions dan Liga Europa yang baru memasuki babak 16 besar juga mengalami nasib serupa. UEFA sempat dikabarkan ingin kedua kompetisi itu bisa diselesaikan sebelum 3 Agustus, meski kemudian mereka membantah telah menetapkan deadline tersebut.

Iker Casillas, yang akan maju dalam pemilihan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) tahun ini mengungkapkan idenya melakui akun media sosial Twitter.

“Bagaimana cara Anda memecahkan masalah tanggal di sepak bola Eropa? Menghapus musim yang berjalan? Menggelar kompetisi sesuai tahun kalender?”

Dilansir Evening Standard, ia mengusulkan untuk menggelar final Liga Champions pada akhir tahun.

“Caranya, jika kondisi membaik dalam 3-4 bulan lagi, mainkan sisa pertandingan musim ini dengan kompetisi piala, final Liga Champions dan Liga Europa digelar bulan Desember. Piala Dunia berikutnya akan digelar pada November 2022. Lakukan penyesuaian.”

Namun ide sang kiper legendaris itu langsung ditentang oleh Presiden LaLiga, Javier Tebas.

“Tanggal baru sudah ditentukan yang akan memungkinkan kita untuk menyelesaikan musim ini.”

Lebih lanjut, Tebas menyebut, menggelar kompetisi sesuai tahun kalender biasa berarti akan menghapus satu musim dan bakal menimbulkan kerugian besar.

“Menunda akhir kompetisi dan memulai pada tahun natural,  berarti menghilangkan satu musim. Apa yang akan terjadi pada kontrak penyiaran di TV, kontrak pemain, yang sudah ditandatangani untuk beberapa musim sekaligus, yang bernilai miliaran euro?”

Iker Casillas sendiri bulan lalu telah menyatakan dirinya pensiun dari dunia sepak bola. Klub Portugal, Porto, menjadi pelabuhan terakhir legenda hidup Spanyol itu setelah sebelumnya memperkuat Real Madrid selama 17 tahun.

Bersama Real Madrid, Casillas berhasil menjuarai Liga Champions sebanyak 3 kali.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%