Liga Champions

Jarang Dikenal, Ini Dia Sosok Pencipta Lagu Tema Liga Champions

Selasa, 7 April 2020 16:43 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Semua pecinta sepakbola di seluruh dunia pasti tahu apa itu Liga Champions. Namun, apakah kamu tahu siapa sebenarnya pencipta lagu tema Liga Champions yang berbunyi “The Champions….” dan biasanya dikumandangkan sesaat sebelum Liga Champions dimulai?

Perkenalkan ini dia Tony Britten. Dia adalah sosok yang di balik layar yang bertanggung jawab penuh pada kemegahan lagu tema legendaris tersebut. Britten sendiri adalah komposer asal Inggris yang menyelesaikan pendidikan musiknya di Royal College of Music.

Sejarah lagu tema Liga Champions ini bisa dilihat pada tahun 1992. Setelah UEFA memutuskan untuk mengganti nama European Cup menjadi Liga Champions, mereka meminta Britten untuk mengaransemen ulang lagu gubahan komposer asal Jerman, George Frideric Handel yang berjudul Zadok The Priest.

Zadok The Priest sendiri adalah salah satu lagu terpenting di Inggris. Pasalnya, Zadok The Priest pernah dipakai sebagai lagu penobatan Raja George II pada tahun 1727 dan sering dipakai dalam acara-acara penobatan raja-raja di Inggris.

“UEFA bilang mereka suka lagu penobatan milik Handel, saya kemudian mengambil beberapa bagian di dalam lagu tersebut untuk saya aransemen ulang,” ujar Britten ketika diwawancarai oleh majalah asal Inggris My London.

Britten menambahkan, untuk lirik pihak UEFA meminta sesuatu yang megah dan merepresentasikan kompetisi saat lagu tersebut dikumandangkan. Maka jadilah lirik yang kala dikumandangkan akan bikin bulu kuduk berdiri itu.

Lirik Lagu Tema Liga Champions beserta artinya:

Ce sont les meilleures equipes
(Ini adalah tim terbaik)
Es sind die allerbesten Mannschaften
(Mereka adalah tim terbaik)
The main event
(Pertandingan utama)
 
Die Meister
(Para Master)
Die Besten
(Yang Terbaik)
Les grandes equipes
(Tim besar)
The Champions
(Para Juara)
 
Une grande reunion
(Sebuah pertemuan besar)
Eine grosse sportliche Veranstaltung
(Sebuah acara olahraga besar)
The main event
(Pertandingan utama)
 
Die Meister
(Para Master)
Die Besten
(Yang Terbaik)
Les grandes equipes
(Tim besar)
The Champions
(Para Juara)
 

Ils sont les meilleurs
(Mereka adalah yang terbaik)
Sie sind die Besten
(Mereka adalah yang terbaik)
These are the champions
(Inilah para juara)
 
Die Meister
(Para Master)
Die Besten
(Yang Terbaik)
Les grandes equipes
(Tim besar)
The Champions
(Para Juara)

Hal yang membuat lagu tema unik adalah lagu ini akan dinyanyikan secara langsung dengan lirik menyesuaikan bahasa tempat di mana laga final Liga Champions tersebut dilangsungkan.

Setelah kembali mendengar dan mengetahui sosok di balik layar lagu tema legendaris ini, apakah kalian kemudian sudah mulai merindukan atmosfir Liga Champions?