Bola Internasional

Catat Tanggalnya! Eredivisie Belanda Siap Bergulir Di Tengah Wabah Corona

Rabu, 8 April 2020 14:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Trofi Eredivisie Belanda. Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Trofi Eredivisie Belanda.

INDOSPORT.COM – Kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie, telah menetapkan tanggal baru untuk lanjutan kompetisi setelah sempat tertunda akibat pandemi virus corona.

Dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) dan klub-klub Eredivisie Belanda sepakat untuk melanjutkan kompetisi liga yang akan dimulai pada 19 Juni mendatang.

Dengan jadwal baru ini, Eredivise menjadi liga utama di Eropa pertama yang memastikan kembali menggelar pertandingan sepak bola, meskipun pemerintah belum memberi lampu hijau untuk melanjutkan turnamen mengingat angka korban virus CoVid-19 kian bertambah. .

Diketahui, per Selasa (070/4/20) pihak berwenang Belanda mengatakan maka jumlah kasus infeksi virus yang dikenal Covid-19 ini menjadi 19.580. Jumlah kematian akibat virus ini pun hingga kini sudah mencapai 2.101.

Sebelumnya, sejumlah klub seperti Ajax, PSV Eindhoven dan AZ Alkmaar dikabarkan menentang rencana untuk menyelesaikan liga musim ini. Namun pihak Eredivise bersikeras  untuk menyelesaikan pertandingan tersisa.

“Untuk saat ini, kami fokus menyelesaikan seluruh musim,” kata KNVB dalam pernyataannya.

Rencananya, klub akan kembali menjalani latihan pada 15 Mei meski setiap klub diwajibkan menjalani latihan dalam kelompok kecil. Mereka bisa memulai latihan besar pada 29 Mei.

Tanggal 19 Juni dipilih oleh Eredivise agar setiap klub bisa menyelesaikan musim turnamen di musim 2019-2020 tepat pada akhir Juli.

Dengan berakhirnya musim tepat waktu, maka mereka bisa memulai musim berikutnya pada minggu ketiga bulan Agustus. Selain itu mereka bisa mengadakan pertandingan selama liburan Natal.