Liga Indonesia

Deretan 3 Legiun Asing Persipura Tersubur Sepanjang Masa

Rabu, 8 April 2020 17:35 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Zah Rahan saat konfrensi pers, Sabtu (06/04/19). Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Zah Rahan saat konfrensi pers, Sabtu (06/04/19). Fitra Herdian/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura pernah diperkuat sejumlah pemain asing yang berasal dari Afrika, Asia dan Amerika Latin sejak 2003 silam. Namun dari deretan legiun asing yang pernah memperkuat Persipura, hanya tiga pemain yang kini berada dalam daftar pencetak gol terbanyak.

Mereka yang produktif di daftar tiga teratas tak hanya berposisi sebagai penyerang, namun juga berposisi sebagai gelandang.

Siapakah tiga pemain asing terproduktif Persipura? Berikut awak redaksi INDOSPORT coba merangkum untuk Anda:

Alberto 'Beto' Goncalves 

Penyerang asal Brasil ini mulai bergabung dengan Persipura Jayapura sejak musim 2007/2008 saat masih dilatih pelatih asal Malaysia, Raja Isa. Beto didatangkan dari Persijap Jepara kala itu.

Selama memperkuat Persipura, Beto sukses melesakkan 85 gol dari 128 penampilannya baik di ajang resmi maupun non resmi hingga musim 2012 silam.

Beto bahkan pernah mencetak 25 gol dalam semusim saat periode keduanya membela Persipura Jayapura di musim 2011/2012. 

Kini, Beto masih menunjukkan tajinya saat memperkuat Madura United. Musim lalu, ia berhasil mencetak 19 gol.

Zahrahan Krangar 

Gelandang asal Liberia ini meskipun bertugas sebagai pelayan bagi para striker Persipura, namun dirinya juga produktif dalam urusan mencetak gol.

Selama memperkuat Persipura sejak musim 2010 hingga 2013, Zahrahan telah mencetak 28 gol dari 111 penampilan di kompetisi resmi maupun non resmi.

Saat masih berseragam Persipura, Zahrahan memiliki prestasi cukup sukses dengan berhasil mempersembahkan dua gelar juara.

Kini, usai memperkuat Madura United, Zahrahan memutuskan merantau ke Yogyakarta dan memperkuat PSS Sleman.

Ernest Jeremiah 

Jeremiah menjadi salah satu striker asing tersubur yang pernah memperkuat Persipura Jayapura. Striker asal Nigeria ini berhasil mencetak 20 gol selama memperkuat Persipura dari musim 2007 hingga 2009.

Jeremiah juga tercatat sukses menghadirkan gelar juara Liga Indonesia musim 2008/2009.

Saat masih memperkuat Persipura, Jeremiah menjadi salah satu striker yang disegani dalam trisula maut Persipura kala itu bersama Boaz Solossa dan Beto.