Liga Inggris

Throwback, Empat Kemenangan Tandang Manchester United di Daratan Eropa

Rabu, 8 April 2020 05:31 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Rafif Rahedian
© Bryn Lennon/Getty Images
Throwback, Empat Kemenangan Tandang Manchester United di Daratan Eropa Copyright: © Bryn Lennon/Getty Images
Throwback, Empat Kemenangan Tandang Manchester United di Daratan Eropa

INDOSPORT.COM - Manchester United merupakan tim raksasa yang ditakuti di daratan Eropa pada masanya. Mereka bahkan menyandang banyak gelar juara di ajang Liga Inggris, Liga Champions dan Liga Europa.

Manchester dan Liga Eropa atau Liga Champions sangat identik selama beberapa dekade, berawal dari semangat yang dibawa oleh Babes Sir Mat Busby pada tahun 1950-an.

Pada masa-masa tertentu Manchester United selalu mengantongi kemenangan dalam laga kandang maupun tandang. Hal ini membuktikan skuat Setan Merah pada masa lalu merupakan momok menakutkan di daratan Eropa.

Namun setelah Sir Alex Ferguson pergi, Manchester United bak kehilangan semangatnya untuk menjadi tim yang ditakuti di daratan Eropa.

Berikut empat kemenangan tandang Manchester United di daratan Eropa:

1. Liga Champions Juventus vs Manchester United 2002/03

Sebelumnya, raksasa dari Italia, Juventus merupakn klub yang tak pernah kebobolan sama sekali di kandang mereka selama sejarah Liga Champions.

Namun setelah tim dari Sir Alex Ferguson tiba di Turin pada Februari 2003. Raksasa dari Italia itu harus mengakui keunggulan Manchester United di bawah asuhan Alex Ferguson.

Manchester United meraih kemenangan telak tanpa balas dengan skor 0-3 di Stadion Delle Alpi, Turino. Dua gol pertama dicetak oleh Ryan Giggs pada menit ke 15 dan 41 di babak pertama.

Sedangkan gol penutup di cetak oleh Van Nistelrooy pada menit ke 63. Sementara Giggs sendiri merupakan Man of the Match pada pertandingan tersebut.

2. Liga Champions AS Roma vs Manchester United 2007/08

Manchester United telah dikalahkan di Stadion Olimpico setahun sebelumnya, dengan Paul Scholes yang harus diusir dari lapangan hijau karena kartu merah.

Namun setahun kemudian, Manchester United membalaskan dendamnya karena dikalahkan oleh AS Roma pada musim sebelumnya.

Pada leg pertama, Manchester United unggul tanpa balas dengan skor 2-0 atas lawannya AS Roma. Pada kemenangan ini, Setan Merah membuat publik Roma harus merasakan kekecewaan.

Pada babak pertama, gol yang di cetak oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-39 ini merupakan gol pembuka bagi Setan Merah.

Setelah turun minum, Manchester United tak merasa puas dan akhirnya mencetak gol penutup yang di cetak oleh Rooney pada menit ke-66.

Dengan kemenangan yang diraih Manchester United ini, mereka mendapatkan modal sempurna untuk lolos ke babak selanjutnya.

3. Liga Champions Arsenal vs Manchester United 2008/09

Pada lanjutan leg kedua Liga Champions 2008/2009 lalu Manchester unggul di hadapan tim tuan rumah Arsenal dengan skor 3-1.

Sebelumnya pada leg pertama, Manchester United sudah unggul terlebih dahulu dengan skor 1-0. Ini merupakan modal awal bagi skuat Setan Merah untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Lagi-lagi, Cristiano Ronaldo dkk. ini harus menaklukkan Arsenal di hadapan publik London. Seperti laga sebelumnya, Manchester United selalu unggul terlebih dahulu.

Dibuka dengan gol Park Ji-Sung pada menit kedelapan. Performa permainan Manchester United semakin menggebu-gebu. Tak lama, Ronaldo pun merobek gawang Arsenal di menit ke-11.

Meski sudah merasa unggul, Setan Merah tak ingin bermain bertahan dan menunggu. Serangan demi serangan di lancarkan dan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-61, di mana Ronaldo lagi-lagi  mencetak gol.

Arsenal pun tak tinggal diam dengan kekalahan 0-3 dari Manchester United. Akhirnya pada menit ke-76 melalui tendangan penalti,  Van Persie mencetak gol balasan.

4. Liga Champions PSG vs Manchester United 2018/19

Manchester United meraih kemenangan 3-1 atas Paris Saint-Germain pada leg kedua 16 besar Liga Champions di Stade de France. Kemenangan Manchester United didapatkan dengan sangat dramatis. Sebab diraih di menit akhir babak kedua.

Tiga gol Manchester United dicetak oleh Romelu Lukaku pada menit ke-2 dan ke-30. Dan penalti Rashford pada menit ke-90+3. Adapun satu gol PSG dicetak oleh Juan Bernat pada menit ke-12.

Meski agregat kedua tim imbang 3-3, Manchester United berhak atas satu tiket perempat final karena unggul agresivitas gol tandang.