Komunitas Sehat

Jadi Olahraga Populer di Dunia, Ini 6 Alasan Sepak bola Cocok untuk Anak-anak

Kamis, 9 April 2020 15:33 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© NYSN
Salah satu olahraga terpopuler di dunia, sepak bola, ternyata memiliki enam alasan untuk pantas menjadi aktivitas fisik utama bagi anak-anak. Copyright: © NYSN
Salah satu olahraga terpopuler di dunia, sepak bola, ternyata memiliki enam alasan untuk pantas menjadi aktivitas fisik utama bagi anak-anak.

INDOSPORT.COM - Salah satu olahraga terpopuler di dunia, sepak bola, ternyata memiliki enam alasan untuk pantas menjadi aktivitas fisik utama bagi anak-anak demi meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh mereka.

Sepak bola adalah olahraga yang merakyat. Kebetulan, Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat mencintai sepak bola. Bahkan, kita sering menjumpai suporter fanatik, baik itu fans timnas Indonesia, atau fans klub liga-liga lokal seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan lain-lain.

Jika diperhatikan lagi, sepak bola sudah melekat erat dalam kehidupan masyarakat sejak anak-anak masuk ke dalam jenjang sekolah. Mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas, sepak bola selalu menjadi materi Pendidikan Jasmani yang akan selalu ada.

Berikut tersaji enam alasan kenapa sepak bola adalah olahraga yang sangat cocok untuk menjadi salah satu aktivitas fisik utama anak-anak, khususnya anak laki-laki. Informasi ini dilansir dari laman portal berita olahraga Sempre Inter.

1. Murah

Sepak bola bisa dilakukan hanya dengan membeli bola sepak. Tidak perlu membeli sepatu khusus atau seragam klub, setiap anak sudah mampu bermain sepak bola, entah itu menggiring atau menimang bola. Kalau ingin lebih lengkap, anak bisa membeli sepatu bola dan kaus kakinya.

2. Mudah

Setiap anak bisa bermain sepak bola tanpa teman, artinya sendirian. Sepak bola adalah olahraga yang sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan banyak syarat untuk memainkannya. Bahkan, anak-anak bisa bermain sendiri di dalam rumah mereka jika ruangannya cukup lebar.

3. Fisik jadi terlatih

Sepak bola adalah olahraga yang membutuhkan pemainnya untuk berlari. Bahkan, seorang kiper pun juga harus menjalani latihan lari untuk bisa tampil gemilang. Sehingga, olahraga ini sangat melatih kekuatan fisik, khususnya otot kaki.

4. Melatih kerjasama

Sepak bola adalah olahraga yang melatih kerjasama antar pemain. Gol tidak akan tercipta jika semua pemain hanya memikirkan dirinya sendiri. Sehingga, anak-anak bisa berlatih sepak bola dengan saling mengumpan bola demi mencetak gol ke gawang lawan.

5. Siapapun bisa bermain

Sepak bola bukan olahraga untuk golongan tertentu saja. Setiap anak dari tingkat ekonomi apapun bisa bermain sepak bola asalkan memiliki bolanya. Bahkan, banyak penyandang disabilitas (kekurangan fisik) yang ternyata mampu bermain bola dengan sangat baik.

6. Berpotensi jadi megabintang

Banyak pemain yang sukses menjadi megabintang di dunia sepak bola hanya karena mereka sudah berlatih sejak kecil, seperti Zlatan Ibrahimovic. Karena, berlatih sejak dini akan membuat otot dan tulang kaki menjadi kuat. Sehingga, anak-anak akan tumbuh menjadi sosok yang pantas bermain sepak bola.

Itulah enam alasan pentingnya sepak bola bagi perkembangan anak-anak. Apalagi, Indonesia sudah sangat kental dengan sepak bola. Sehingga, akan lebih baik bila kita mengenalkan olahraga ini kepada mereka sejak dini untuk melatih dan membentuk fisik mereka.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%