Bola Internasional

Kepada FIFA, Osvaldo Haay Beberkan Kunci Sukses Bermain Bola

Kamis, 9 April 2020 16:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19).

INDOSPORT.COM – Striker Persija Jakarta, Osvaldo Haay, membeberkan rahasianya sukses bermain sepak bola sehingga berhasil dilirik tiga klub elite Liga 1 dan Timnas Indonesia U-23.

Osvaldo Ardilles Haay, si mutiara hitam dari Papua itu, telah menunjukkan bakat yang luar biasa di dunia sepak bola. Di usianya yang baru 23 tahun, dia sudah berhasil membela tiga klub papan atas Liga 1 Indonesia.

Ketiga klub tersebut yakni Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya dan terakhir bergabung dengan Persija Jakarta pada awal tahun 2020 kemarin.

Tidak sampai di situ, Osvaldo juga berhasil membantu Timnas Indonesia U-23 dalam meraih gelar juara Piala AFF U-23 dan medali perak SEA Games 2019.

Pada turnamen Sea Games, dia juga berhasil jadi top skor dengan torehan 8 gol bersama pemain Vietnam, Ha Duc Chinh. Pencapaiannya itu menyamai legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) pun tampaknya juga terpikat dengan pesona Osvaldo. Hingga kemudian kepada FIFA, Osvaldo mengatakan bahwa displin diri adalah kunci utama dia meraih kesuksesan.

Disiplin diri ini pun tetap dia terapkan meskipun tidak ada pertandingan yang dia lakoni. Osvaldo praktis hanya menghabiskan waktu di rumah sejak Liga 1 dan ajang internasional ditunda akibat pandemi virus Covid-19.

Selama tinggal di rumah, Osvaldo mengatakan bahwa dia tetap menjalani latihan kebugaran dan mengolah skill ditemani keponakannya.

“Sulit untuk mempertahankan pelatihan seperti biasa di luar mengingat keadaan saat ini,” kata Haay dilansir dari situs resmi FIFA.

“Jadi untuk menjaga kebugaran, saya telah beralih ke latihan inti di rumah. Selain itu, saya melakukan pelatihan untuk menjaga skill bola dengan kakak dan keponakan saya,” lanjutnya.

Bagi Osvaldo, penampilannya di SEA Games 2019 telah membantu meningkatkan kepercayaan dirinya. Berkat ajang itulah, Osvaldo tak henti-hentinya bekerja lebih keras untuk bisaa menjadi pesepak bola yang lebih bagus.

“Terima kasih kepada Tuhan, karena saya bisa berperan untuk membantu tim kami mencapai final di SEA Games 2019,” kata Osvaldo Haay.

“Apa yang saya raih di turnamen itu merupakan dorongan besar untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ini akan mendorong saya untuk bekerja lebih keras dan menjadi pesepakbola yang lebih bagus,” kata penyerang yang kini berseragam Persija itu.

Melansir Transfermarkt, Osvaldo mencatat 24 pertandingan bersama Persipura dan berhasil mencetak enam gol di kompetisi Liga 1. Sementara bersama Persebaya, dia mengemas 16 gol dari 48 pertandingan di semua kompetisi.

Kemudian pada awal tahun 2020, ia menandatangani kontrak dengan Persija Jakarta. Osvaldo Haay sudah bermain dalam dua pertandingan yang dilakoni Persija Jakarta pada Liga 1 2020. Osvaldo sukses mencetak satu gol dalam 180 menit yang dimainkannya sejauh ini.