Bola Internasional

Sejarah 10 Kiper Terbaik di Liga Inggris Sepanjang Masa

Kamis, 9 April 2020 02:25 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Indra Citra Sena
© Clive Brunskill/Getty Images
Sejarah 10 Kiper Terbaik di Liga Inggris Sepanjang Masa Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Sejarah 10 Kiper Terbaik di Liga Inggris Sepanjang Masa

INDOPSORT.COM - Dalam sejarah Liga Inggris banyak klub memiliki penjaga gawang yang terkenal karena aksinya mempertahankan gawang agar tak kebobolan.

Era Liga Inggris yang dimulai sejak 1992 telah mencetak beberapa klub sepak bola terbaik dalam sejarah sepak bola Negeri Ratu Elizabeth, seperti Manchester United, Liverpool, dan Arsenal.

Dalam tim terbaik tak luput adanya sosok kiper yang selalu tampil apik di setiap laga dan menjaga gawangnya agar tidak kebobolan.

Sejak 20 tahun lalu, banyak penjaga gawang yang sudah membuktikan bahwa dirinya layak sebagai legenda di klub mereka masing-masing.

Berikut deretan kiper terbaik dalam sejarah Liga Inggris:

1. Peter Schmeichel

Peter Schmeichel merupakan penjaga gawang yang dimiliki Manchester United dan Liga Inggris. Sembilan tahun di Old Trafford, ia sukses mendapatkan beberapa trofi domestik dan sempat merasakan treble edisi 1998-1999.

2. Petr Cech

Berkarier bersama Chelsea, Petr cech sempat dipandang sebelah mata oleh pelatih The Blues saat itu. Pasalnya, ia datang sebagai pemain yang duduk di bangku cadangan.

Namun, semenjak cedera yang dialami Carlo Cudicini akhirnya Cech mendapat kesempatan bermain. Penampilannya terlihat sangat luar biasa dengan hanya kebobolan 15 gol selama Liga Inggris 2004-2005.

Rekor yang membanggakan sebelum dirinya cedera pada 2006 adalah berhasil menghabiskan waktu bermain lebih dari 1.000 menit di Liga Inggris tanpa kebobolan sama sekali.

3. David Seaman

David Seaman adalah kiper legendaris Arsenal. Ia merupakan penjaga gawang yang paling konsisten selama bermain di Liga Inggris.

Penyelamatan yang paling luar biasa terjadi di Piala FA, ketika dia berhasil menyelamatkan bola yang harusnya 100 persen gol.

Dengan aksinya, David Seaman akan selalu diingat oleh penggemar Arsenal sebagai orang yang membantu memenangi dua trofi Liga Inggris dan Piala FA ganda di akhir 1990-an dan awal 2000-an.

4. Edwin van der Sar

Siapa yang tak kenal sosok penjaga gawang ini, Edwin van der Sar merupakan kiper terbaik yang dimiliki oleh Manchester United dan Fullham.

Bermain di Liga Inggris terhitung 10 tahun, tentu ia sangat memiliki banyak penggemar. Tak terkecuali pelatih Sir Alex Ferguson yang mengakui kehebatan kiper berkebangsaan Belanda ini.

5. David James

David James adalah kiper Liverpool pertama di Liga Inggris yang menjadi terkenal karena ia melakukan kesalahan fatal bagi Liverpool.

Setelah tujuh tahun bersama Liverpool, James akhirnya dijual ke Aston Villa dan melanjutkan kariernya di West Ham United serta Manchester City.

Mungkin dirinya akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkan reputasinya sebagai pembuat kesalahan. Namun saat berpindah dari Manchester City ke Portsmouth ia merupakan salah satu kiper terbaik di Liga Inggris.

6. David De Gea

Sejak datang dari Atletico Madrid di tahun 2011, David de Gea menjadi pilihan utama Manchester United. Didatangkan pada usia baru 20 tahun, ia awalnya dikritik karena fisik kurus setelah melakukan serangkaian kesalahan krusial di musim debutnya.

Sejak itu, ia berubah menjadi kekuatan baru, termasuk pada musim 2013-14. Dia melakukan beberapa penyelamatan fenomenal dan memenangi penghargaan pemain terbaik Manchester United.

De Gea pada dasarnya adalah penjaga yang sangat baik. Keahliannya dengan bola di kakinya memungkinkannya untuk beroperasi sebagai kiper terbaik yang dimiliki Liga Inggris.

7. Shay Given

Sosok mungil untuk seorang penjaga gawang, Given kesulitan dengan umpan silang di masa-masa awalnya. Tapi kemampuannya untuk menghentikan tembakan tak perlu diragukan. Permainannya terus meningkat, terutama membaca umpan silang.

Given adalah pahlawan Newcastle United. Kiper asal Rep. Irlandia ini menghabiskan sebagian besar karier di sana, membantu mereka lolos ke Eropa pada beberapa kesempatan. Di musim ia meninggalkan klub, Newcastle terdegradasi dari Liga Premier.

8. Ederson

Penampilannya bersama Manchester City membuat dirinya menjadi kiper terbaik yang dimiliki oleh Liga Inggris. Dia berhasil mencatatkan rekor dengan hanya kebobolan 27 gol plus 16 clean sheet di musim debutnya.

Ederson ini lah sosok yang menggantikan penjaga gawang sebelumnya yakni Joe Hart yang harus didepak dari posisi awalnya oleh pemain asal Brasil ini.

9. Jens Lehmann

Dalam prosesnya penjaga gawang Jerman ini bermain untuk Arsenal selama lima musim (2003-2008), menandai dirinya sebagai pemain hebat yang dimiliki Liga Inggris.

Jens Lehmann meraih 15 clean sheet dan hanya kebobolan 26 gol. Sementara gaya mencoloknya sering membuatnya melakukan kesalahan yang mahal. Dia juga mampu cemerlang karena refleks dan gerakan atletis.

Pada musim 2004-2005 ia mendapatkan gelar Man of the Match final Piala FA ketika Arsenal menang via adu penalti. Dia menggagalkan tendangan dari Paul Scholes.

10. Joe Hart

Joe Hart mengawali kariernya bersama Manchester City pada tahun 2006 saat berusia 19 tahun, dan terkenal tiga tahun berselang.

Pada musim 2010-2011, ia ditetapkan sebagai kiper nomer satu Manchester City dan berhasil mencatat 18 clean sheet serta memenangi penghargaan Golden Glave.

Da juga merupakan kiper Timnas Inggris yang dipercayai oleh sang pelatih untuk bermain full dari awal hingga akhir pertandingan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%