Bola Internasional

Nilai Pasar Calon Kiper Naturalisasi Vietnam Bisa Beli 2 Penjaga Gawang Timnas Indonesia Sekaligus

Jumat, 10 April 2020 18:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© 24h.com.vn
Nilai pasar calon kiper naturalisasi Vietnam Filip Nguyen di bursa transfer, ternyata bisa membeli dua penjaga gawang Timnas Indonesia sekaligus. Copyright: © 24h.com.vn
Nilai pasar calon kiper naturalisasi Vietnam Filip Nguyen di bursa transfer, ternyata bisa membeli dua penjaga gawang Timnas Indonesia sekaligus.

INDOSPORT. COM - Nilai pasar calon kiper naturalisasi Vietnam di bursa transfer, ternyata bisa membeli dua penjaga gawang Timnas Indonesia sekaligus.

Sosok calon kiper naturalisasi Vietnam yang dimaksudkan bernama Filip Nguyen. Kiper berusia 27 tahun itu merumput bersama tim kasta tertinggi Liga Republik Ceko, Slovan Liberec.

Filip Nguyen musim ini tampil reguler dengan catatan 22 penampilan dan empat kali clean sheets. Peran Filip Nguyen juga mampu membawa timnya, Slovan Liberec, menghuni peringkat tujuh klasemen Liga Republik Ceko, atau masuk zona Liga Europa.

Berdasarkan data Transfermarkt, Filip Nguyen sejak awal berkarier memang sudah menghiasi gelaran Liga Republik Ceko. Lulus dari akademi Sparta Praha pada 2014, Filip Nguyen mulai pindah-pindah klub, gabung Novy Bydzov, Vlasim, hingga akhirnya Februari 2018 merapat ke Slovan Liberec.

Lebih jauh, Transfermarkt menuliskan nilai pasar atau harga Filip Nguyen dengan angka 750 ribu euro, atau sekitar Rp12,8 miliar. Bagi sepak bola Asia Tenggara, nilai pasar itu cukup mahal dan bisa membeli dua penjaga gawang Timnas Indonesia sekaligus.

Andritany Ardhiyasa dan Muhammad Ridho yang kerap diandalkan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia, dapat diboyong bersamaan hanya menggunakan nilai pasar Filip Nguyen, bahkan masih ada sisanya. 

Harga Andritany 300 ribu euro, sementara Muhammad Ridho 200 ribu euro. Jika ditotal, harga Andritany dan Ridho berarti 500 ribu euro, atau masih sisa 250 ribu dibandingkan dengan nilai pasar Filip Nguyen.

Nilai Filip Nguyen lebih mahal dibanding Andritany dan Ridho, mungkin karena reputasinya yang jebolan Eropa. Soal kualitas, Filip Nguyen bukan mustahil masih kalah atau seimbang dari Andritany dan Ridho, sebab segala sesuatu bisa terjadi di atas lapangan.

Filip Nguyen sendiri saat ini sedang mengurus proses kepindahan status kewarganegaraan, yang awalnya Republik Ceko menjadi ke Vietnam. Proses tersebut kabarnya tinggal menunggu persetujuan akhir saja.

“Permintaan saya untuk bisa menjadi warga negara Vietnam sedang diproses. Saat ini, saya sedang menunggu persetujuan resmi menjadi warga negara Vietnam dan dapat membela Timnas Vietnam,” ujar Nguyen dikutip VNExpress.

Andai proses naturalisasi Filip Nguyen rampung, dirinya berpotensi bisa bertemu langsung Andritany dan Ridho. Minimal saat Filip Nguyen membela Vietnam, bertarung melawan Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%