Liga Indonesia

Sejarah Hari Ini: 11 April 2017, Awal Kisah Cinta 3 Tahun PSM dan Marc Klok

Sabtu, 11 April 2020 19:04 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/BASRI
Selasa, 11 April 2017 lalu, menjadi hari bersejarah, awal dari kasih cinta selama tiga tahun antara PSM Makassar dengan Marc Anthony Klok. Copyright: © INDOSPORT/BASRI
Selasa, 11 April 2017 lalu, menjadi hari bersejarah, awal dari kasih cinta selama tiga tahun antara PSM Makassar dengan Marc Anthony Klok.

INDOSPORT.COM - Hari ini akan menjadi sejarah pada keesokan harinya. Termasuk apa yang terjadi pada Selasa, 11 April 2017 silam, yang menjadi hari bersejarah, awal dari kasih cinta selama tiga tahun antara PSM Makassar dengan Marc Anthony Klok.

Lima hari jelang laga perdana Liga 1 2017, PSM Makassar mendatangkan satu pemain asing lagi. Dialah Klok, legiun asing yang menjadi rekrutan terakhir pasca dinaikpangkatkannya status Willjan Pluim menjadi marquee player oleh PT LIB selaku operator.

Pada 11 April 2017 silam, PSM dan Klok telah mencapai kata sepakat untuk bekerja sama. Sang pemain pun langsung bertolak ke Indonesia dari Amsterdam, Belanda. Ia pun sempat transit di Singapura dan Denpasar terlebih dahulu sebelum tiba di Makassar.

"New adventure! See you soon Makassar 🇮🇩❤️ #ewakopsm," ciutan Klok dengan menyertakan foto tiket pesawatnya ke Indonesia pada twitter pribadinya, @marcklok10, Selasa (11/04/17) silam.

Kedatangan Klok ke PSM merupakan rekomendasi dari pelatih kala itu, Robert Rene Alberts. Pelatih sepakbola asal Belanda itu membutuhkan tambahan pemain asing guna menemukan kestabilan permainan antara lini depan dan belakang.

"Saya harap kehadirannya akan menambah kekuatan PSM pada kompetisi nanti. Usianya masih 23 tahun, namun sudah berpengalaman di kompetisi Eropa," ungkap Robert kepada awak media olahraga Makassar kala itu.

Sebelum berlabuh ke PSM, Klok memperkuat klub elite Skotlandia, Dundee United dan klub Inggris, Oldham Athletic. Pesepakbola kelahiran 20 April 1983 ini merupakan jebolan dari salah satu akademi klub elite Eredivisie Belanda, yakni FC Utrecht.

Selasa, 11 April 2017 menjadi awal dari benih cinta yang amat mendalam antara PSM dan Klok. Pesepakbola berpostur 177 cm ini pun hengkang ke Persija Jakarta pada jendela transfer awal musim Liga 1 2020 silam setelah melewati sekelumit intrik.

Bersama PSM Makassar, Marc Klok meraih gelar Piala Indonesia 2018/19 dan runner up Liga 1 2018. Pesepakbola yang identik dengan nomor punggung 10 ini pun mencatatkan 100 penampilan dengan 17 gol dan sembilan assist untuk Pasukan Ramang.