Liga Inggris

Man United Jadi Korban! Berikut 5 Gol Tercepat Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Sabtu, 11 April 2020 19:12 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Lanjar Wiratri
© Marc Atkins/Getty Images
Berikut deretan 5 gol tercepat sepanjang sejarah Liga Inggris sejak bergulir tahun 1992 silam Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Berikut deretan 5 gol tercepat sepanjang sejarah Liga Inggris sejak bergulir tahun 1992 silam

INDOSPORT.COM - Liga Inggris menjadi salah satu liga terpopuler di dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya penonton setiap laga, drama, hingga banyaknya pemain berkelas yang merumput di dalamnya.

Keglamoran Liga Inggris pun berbanding lurus dengan permainan yang ditampilkan di lapangan. Kick n Rush menjadi julukan yang tepat untuk menggambarkan permainan cepat dan keras yang mewarnai pagelaran liga yang dibentuk tahun 1992 ini.

Tak ayal dari permainannya yang cepat dan keras, muncul banyak kejadian-kejadian mencengangkan. Termasuk gol-gol yang lahir begitu cepat dari kaki para pemain yang berlaga.

Berikut deretan lima gol tercepat sepanjang sejarah Liga Inggris sejak bergulir dari tahun 1992 hingga musim 2019-2020:

1. Mark Viduka (11,9 detik)

Penyerang asal Australia ini menempati posisi lima untuk pencetak gol tercepat di Liga Inggris. Gol cepatnya terjadi pada musim 2000-2001.

Kala itu, Viduka membela Leeds United yang bertandang ke markas Charlton Athletic. Memanfaatkan umpan lambung dan sundulan dari rekannya, Viduka berhasil menceploskan bola dengan kaki kanan ke sudut kanan gawang tuan rumah. 

Gol cepat tersebut mampu membawa Leeds United meraih tiga poin berharga di kandang Charlton Athletic dengan hasil akhir 2-1 untuk tim tamu.

2. Christian Eriksen (10,53 detik)

Christian Eriksen menyumbang namanya dalam lima pencetak gol tercepat di Liga Inggris. Gol cepatnya pada musim 2017-2018 membuat namanya berada di posisi empat pencetak gol tercepat.

Gol tersebut lahir saat Tottenham Hotspur menjamu Manchester United. Eriksen memanfaatkan bola muntah yang gagal dieksekusi Dele Alli. Pemain asal Denmark ini mampu masuk ke pertahanan Setan Merah tanpa pengawalan dan melepaskan tendangan ke arah pojok kiri gawang David De Gea.

Berkat golnya tersebut, ia mampu membawa Spurs meraih tiga poin berharga dan mengandaskan Man United dengan skor 2-0.

3. Alan Shearer (10,5 detik)

Daftar gol tercepat Liga Inggris nampaknya tak elok bila tak memasukkan nama pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi, Alan Shearer.

Kembali ke musim 2002-2003, pria asli Inggris ini mencetak gol cepat saat membela Newcastle United menghadapi Manchester City. Saat itu, gol cepatnya lahir usai memanfaatkan kesalahan kiper yang sempat terpeleset saat hendak menendang bola.

Bola sepakan kiper berhasil direbut Shearer yang dengan mudah menceploskan bola. Bahkan gol tersebut juga membawa The Toon Army meraih tiga poin atas tamunya tersebut.

4. Ledley King (9,8 detik)

Umumnya gol cepat dibuat oleh penyerang atau gelandang. Namun tidak bagi Ledley King yang menahbiskan dirinya sebagai pencetak gol tercepat kedua sepanjang sejarah Liga Inggris.

Musim 2000-2001 menjadi musim di mana gol cepatnya tercipta. Saat itu, tim yang ia bela, Tottenham Hotspur, bertandang ke markas Bradford City. Memanfaatkan bola sapuan musuh yang tak sempurna, bek Inggris ini melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Tak disangka percobaannya tersebut menghasilkan gol. Sayangnya gol cepat tersebut mampu dibalas tuan rumah sehingga laga harus berakhir sama kuat dengan skor 3-3.

5. Shane Long (7,7 detik)

Shane Long pantas mendapat gelar pencetak gol tercepat Liga Inggris berkat determinasinya yang mengejar bola saat wasit baru memulai pertandingan.

Gol ini terjadi pada musim 2018-2019 saat Watford vs Southampton. The Hornets yang memulai laga mencoba membangun serangan dari lini belakang.

Namun lambatnya lini belakang Watford mengirim umpan lambung membuat Shane Long berhasil merebut bola dan menceploskan bola dengan lob sempurna ke kiri gawang tuan rumah.

Alhasil gol Shane Long pun didapuk sebagai gol tercepat yang pernah mewarnai gelaran Liga Inggris selama hampir 18 tahun jalannya kompetisi.