Bola Internasional

5 Pemain Asia Tenggara yang Mentas di MLS, Indonesia Ada?

Minggu, 12 April 2020 18:29 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© FourFourTwo
Sejumlah pemain Asia Tenggara diketahui ada yang mentas di kompetisi Major League Soccer (MLS), Amerika Serikat. Adakah bintang asal Indonesia? Copyright: © FourFourTwo
Sejumlah pemain Asia Tenggara diketahui ada yang mentas di kompetisi Major League Soccer (MLS), Amerika Serikat. Adakah bintang asal Indonesia?

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain Asia Tenggara diketahui ada yang mentas di kompetisi Major League Soccer (MLS), Amerika Serikat. Adakah bintang asal Indonesia?

Bagi pemain sepak bola kawasan Asia Tenggara, bisa menembus liga-liga top berbeda benua, seakan menjadi sebuah prestasi tersendiri. Terlebih, ada anggapan bahwa sepak bola Asia Tenggara masih jauh tertinggal dengan kompetisi benua lainnya.

Misalnya saja pentas MLS di Amerika Serikat sana, yang belakangan terus berkembang pesat. Bintang-bintang top dunia banyak yang menghiasi ajang MLS, seperti David Beckham, David Villa, Andrea Pirlo, Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Zlatan Ibrahimovic.

Menariknya, ternyata ada sejumlah pemain Asia Tenggara yang turut berhasil mendapatkan kesempatan manggung di kompetisi MLS. Mereka bertarung membela klubnya masing-masing, demi meraih kejayaan dalam pentas sepak bola Amerika Serikat.

Pertanyaannya, sekian banyak pemain Asia Tenggara di MLS, adakah yang berasal dari Indonesia? Demi mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut ini.


Patrick Metcalfe

Patrick Metcalfe merupakan pemain yang memiliki latar belakang negara Asia Tenggara, Filipina. Situs Transfermarkt saja menuliskan status kewarganegaraan Patrick Metcalfe sebagai pemain keturunan Filipina, tapi dirinya lebih memilih memegang paspor Kanada.

Sosok Patrick Metcalfe yang berusia 21 tahun, kini bermain untuk klub MLS, Vancouver Whitecaps FC. Berposisi sebagai gelandang tengah, Metcalfe sudah membela Vancouver Whitecaps FC sejak 23 Januari 2020 lalu.


Michael Baldisimo

Michael Baldisimo menjadi perwakilan Filipina lainnya yang mentas di MLS. Sama seperti Patrick Metcalfe, sosok Michael Baldisimo juga merupakan pemain keturunan Filipina yang lebih memilih memegang paspor Kanada.

Karier Michael Baldisimo pun turut dilalui bersama klub MLS, Vancouver Whitecaps FC. Ia bermain untuk Vancouver Whitecaps FC sejak 17 Juli 2018 dan mengisi posisi gelandang bertahan.

Jason Pendant

Namanya mungkin tak mencerminkan statusnya sebagai pemain keturunan Vietnam. Status Jason Pendant menurut Transfermarkt, memang memiliki darah keturunan Vietnam, tapi lebih memilih paspor Prancis.

Karier Jason Pendant sebagai bek kiri, kini tercatat dilalui bersama klub MLS, New York Red Bulls. Sosoknya baru bergabung ke New York Red Bulls pada 10 Maret 2020 lalu.


Lee Nguyen

© https://www.mlssoccer.com/
Vietnam Punya Pemain yang Membela Klub David Beckham di MLS Inter Miami Copyright: https://www.mlssoccer.com/Vietnam Punya Pemain yang Membela Klub David Beckham di MLS Inter Miami

Melihat namanya saja, sudah bisa ditebak asal negara Lee Nguyen. Berdasarkan data Transfermarkt, Lee Nguyen merupakan pemain dengan darah keturunan Vietnam, tapi lebih memilih paspor Amerika Serikat.

Karier Lee Nguyen sendiri saat ini tengah dilalui bersama klub MLS milik David Beckham, Inter Miami. Ia bergabung ke Inter Miami sejak 19 November 2019 dan mengisi posisi gelandang serang.


Wan Kuzain

© Twitter/Wan Kuzain
Wan Kuzain Wan Kamal jadi pemain keturunan Malaysia pertama di MLS. Copyright: Twitter/Wan KuzainWan Kuzain Wan Kamal jadi pemain keturunan Malaysia pertama di MLS.

Status kewarganegaraan Wan Kuzain menurut Transfermarkt, merupakan pemain berpaspor Amerika Serikat, tapi lebih memilih membela Malaysia. Karier sepak bola Wan Kuzain sendiri kini dilalui bersama klub MLS, Sporting Kansas City, dan bergabung sejak 13 April 2018 lalu.

Begitulah kurang lebih penjabaran soal pemain Asia Tenggara yang menghiasi ajang MLS. Melihat banyak nama di atas, berarti tidak ada satu pun pemain Indonesia menembus kompetisi MLS pada tahun 2020 ini.