Liga Spanyol

Meski Jadi Raja LaLiga Spanyol, Lionel Messi Hanya Peringkat Enam di Eropa

Minggu, 12 April 2020 09:34 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Alex Caparros/GettyImages
Pemain megabintang sekaligus kapten Barcelona, Lionel Messi boleh bangga jadi raja gol LaLiga Spanyol. Akan tetapi dirinya hanya bisa raih posisi enam di Eropa. Copyright: © Alex Caparros/GettyImages
Pemain megabintang sekaligus kapten Barcelona, Lionel Messi boleh bangga jadi raja gol LaLiga Spanyol. Akan tetapi dirinya hanya bisa raih posisi enam di Eropa.

INDOSPORT.COM - Winger Barcelona, Lionel Messi, boleh bangga jadi raja gol LaLiga Spanyol sepanjang musim 2019-2020. Akan tetapi, pada kenyataan, dirinya hanya mampu raih peringkat enam di Eropa.

Tidak adanya kejelasan pada kompetisi sepak bola seantero Eropa membuat beberapa liga terancam tidak terlaksana dan mengakhiri musim ini. Jika hal ini terjadi, maka Messi pastikan diri tak menangkan sepatu emas di Benua Biru, meski jadi top skor LaLiga Spanyol.

Kurangnya jumlah gol yang ditorehkan La Pulga berawal sejak awal musim di mana dirinya harus absen dari Barcelona karena alami cedera. Selang lima laga barulah Messi bisa ikut serta membela tim saat kontra Granada.

Messi sendiri baru mencetak gol domestik ketika Barcelona kandaskan Sevilla 4-0 pada 6 Oktober 2019 lalu. Jika ditotal kini striker Timnas Argentina itu mencatatkan 19 gol sepanjang musim LaLiga Spanyol.

Peringkat top skor seluruh kompetisi liga domestik sepak bola di Eropa. sumber: MarcaDilansir laman Marca, Hal ini hanya membuat Messi menjadi peringkat enam di Eropa, itu pun masih berbagi tempat dengan Jamie Vardy, striker Leicester City. Kapten Barcelona tersebut kalah saing dari lima bintang lain, salah satunya Cristiano Ronaldo.

Puncak pencetak gol terbanyak Eropa masih dipegang Ciro Immobile dengan 27 gol dalam 26 laga pertandingan Lazio, disusul oleh Robert Lewandowski (Bayern Munchen), Cristiano Ronaldo (Juventus), Erling Haaland (Borussia Dortmund), dan Timo Werner (RB Leipzig).

Meski tak kuasa di Eropa, Messi setidaknya patut berbangga cukup jadi raja di LaLiga Spanyol selepas gol koleksinya tak terbendung lagi. Ada Karim Benzema dari Real Madrid yang membayangi dengan 14 gol di posisi dua, dan rekan di Barcelona, Luis Suarez dengan torehan 11 gol pada peringkat tiga.