Liga Italia

Juventus Ternyata Sudah Punya The New Ibrahimovic yang Bisa Saingi Kehebatan Ronaldo

Minggu, 12 April 2020 09:11 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Giuseppe Bellini/Getty Images
Juventus, klub Serie A Italia, ternyata sudah mempunyai The New Zlatan Ibrahimovic, dan diyakini bisa menyaingi peran Cristiano Ronaldo, yakni Dejan Kulusevski. Copyright: © Giuseppe Bellini/Getty Images
Juventus, klub Serie A Italia, ternyata sudah mempunyai The New Zlatan Ibrahimovic, dan diyakini bisa menyaingi peran Cristiano Ronaldo, yakni Dejan Kulusevski.

INDOSPORT. COM - Juventus, klub Serie A Italia, ternyata sudah memunyai The New Zlatan Ibrahimovic, dan diyakini bisa menyaingi peran Cristiano Ronaldo, yakni Dejan Kuluvsevski.

Kembali ke sekitar 16 tahun lalu, atau tepatnya 2004, kiprah Juventus dilalui bersama bintang hebat asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic. Musim panas 2004, Juventus sukses mendaratkan Ibrahimovic dari Ajax Amsterdam dengan mahar 16 juta euro.

Kedatangan Ibrahimovic langsung dimanfaatkan betul oleh Juventus. Musim perdananya berkostum Si Nyonya Tua, Ibrahimovic total tampil 45 kali mengisi lini depan, dan mencetak 16 gol.

Musim kedua, Ibrahimovic masih jadi andalan Juventus untuk urusan daya gedor. Ibrahimovic turun berlaga sebanyak 46 kali, tapi perolehan golnya menurun menjadi 10 buah saja.

Bersama Juventus, Ibrahimovic sebenarnya bisa meraih trofi juara Serie A Italia musim 2005/06. Namun, akibat skandal pengaturan skor, gelar ini dicopot dan Juventus dihukum harus turun kasta.

Situasi tak mendukung membuat Ibrahimovic akhirnya angkat kaki dari Juventus pada musim panas 2006, pindah ke Inter Milan. Dua tahun membela Juventus, Ibrahimovic secara keseluruhan membukukan 26 gol dari 92 penampilan.

Kisah Juventus bersama Ibrahimovic, yang merupakan pemain hebat Swedia, sudah lama sekali berlalu. Meski begitu, cerita yang hampir sama mungkin akan segera ditemui Juventus pada Serie A Italia 2020/21 mendatang.

Juventus ternyata sudah memiliki pemain berlabel The New Ibrahimovic, yakni Dejan Kulusevski. Sama-sama berasal dari Swedia, Dejan Kulusevski diyakini bisa meneruskan kebintangan Ibrahimovic di Juventus.

Transfermarkt mencatat, Dejan Kulusevski merapat ke Juventus, dibeli dari Atalanta pada 2 Januari 2020 lalu. Begitu datang, Dejan Kulusevski yang berusia 19 tahun, langsung disekolahkan Juventus dengan dipinjamkan ke klub lain, Parma.

Dejan Kulusevski sendiri ternyata sudah menjalani masa peminjaman di Parma sejak dirinya berstatus milik Atalanta. Perannya sebagai winger kiri, dipinjam Parma mulai musim panas 2019.

Hasilnya lumayan, Dejan Kulusevski secara rutin tampil mengisi posisi winger Parma, lewat catatan 23 penampilan dan mencetak lima gol serta tujuh assists. Dejan Kulusevski juga berperan membawa Parma duduk di peringkat sembilan klasemen musim 2019/20.

Karier Dejan Kulusevski terbilang cukup gemilang ketika berkostum Atalanta pada musim 2018/19. Bermain di level Primavera 1, Dejan Kulusevski semusim menghasilkan delapan gol serta 10 assists, sekaligus trofi juara untuk Atalanta.

Tak heran bila kemudian Juventus tergoda membelinya. Jika musim depan kembali ke Juventus, Dejan Kulusevski mungkin bakal menjadi pesaing Cristiano Ronaldo dalam memperebutkan posisi utama di winger kiri.

Sebenarnya memang cukup jauh perjalanan yang perlu ditempuh Dejan Kulusevski agar bisa menyaingi Ronaldo. Toh, Dejan Kulusevski juga usianya masih 19 tahun, dan baru sekali pula mendapat kesempatan tampil bagi Timnas senior Swedia.

Butuh pembuktian yang lebih lagi dari Dejan Kulusevski, supaya dapat merebut posisi utama winger kiri Juventus yang dominan dimiliki Ronaldo. Kalau pun gagal bersaing, Dejan Kulusevski sebenarnya mampu menempati posisi lainnya, yakni winger kanan atau gelandang tengah, jadi tetap memungkinkan mendapat kesempatan bermain di skuat utama Juventus.

Patut dinanti, bagaimana kiprah Dejan Kulusevski saat musim depan berkostum Juventus? Apakah Dejan Kulusevski selaku The Next Ibrahimovic mampu menyaingi kehebatan Ronaldo?