Bola Internasional

Ketika Roberto Baggio Membungkam Asa Nigeria di 16 Besar Piala Dunia 1994

Senin, 13 April 2020 14:28 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robert Daemmrich/Getty image
Roberto Baggio menjadi pahlawan Timnas Italia di babak 16 besar Piala Dunia 1994. Copyright: © Robert Daemmrich/Getty image
Roberto Baggio menjadi pahlawan Timnas Italia di babak 16 besar Piala Dunia 1994.

INDOSPORT.COM – Mengisi waktu luang di tengah masa karantina, mari mengingat aksi Roberto Baggio untuk Timnas Italia ketika menghadapi Nigeria di babak 16 besar Piala Dunia 1994.

Pandemi virus corona yang masih terus terjadi memaksa pemerintah di sejumlah negara untuk melarang warganya meninggalkan rumah demi mencegah penularan.

Langkah itu pun didukung oleh induk sepak bola dunia, FIFA, yang menghadirkan seri World Cup at Home agar para penggemar sepak bola semakin betah menghabiskan waktu di rumah.

Dalam seri ini, FIFA menayangkan secara gratis pertandingan klasik Piala Dunia berbagai era melalui YouTube. Para penggemar bisa memilih pertandingan mana yang ingin mereka saksikan melalui polling yang digelar di akun Twitter FIFA.

Salah satu pertandingan yang kemudian terpilih untuk ditayangkan secara utuh adalah duel klasik antara Italia vs Nigeria di Piala Dunia 1994.

Bagi Nigeria, Piala Dunia 1994 yang digelar di Amerika Serikat adalah debut mereka di kompetisi sepak bola tertinggi dunia itu. Nigeria menjadi wakil Afrika bersama dua negara lain yaitu Kamerun dan Maroko.

Hebatnya, Nigeria langsung tampil gemilang di babak grup dengan menjuarai grup mengungguli Bulgaria dan Argentina. Kesuksesan itu pun membawa mereka melaju ke babak 16 besar untuk bertemu wakil Eropa, Italia.

Menghadapi Italia yang diperkuat sejumlah nama besar seperti Roberto Baggio, Gianfranco Zola, hingga Paolo Maldini, Nigeria tampil dengan berani. Mereka bahkan berhasil mengungguli Italia 1-0 melalui gol Emmanuel Amunike pada menit ke-25.

Italia yang tidak ingin dipermalukan tim debutan pun kemudian balas tampil menyerang. Sayangnya, upaya mereka terus kandas oleh pertahanan Nigeria.

Namun, hanya dua menit sebelum pertandingan berakhir, petaka datang bagi Nigeria. Roberto Baggio yang ketika itu membela Juventus berhasil menyambar umpan Roberto Mussi untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Pertandingan pun kemudian dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu setelah kedua tim gagal menambah skor pada waktu normal. Baru tujuh menit babak perpanjangan waktu berjalan, bencana datang lagi bagi Nigeria.

Aksi Antonio Benarrivo yang menerobos lini belakang Nigeria dihentikan paksa dalam kotak penalti sehingga wasit memberikan hukuman penalti. Baggio yang menjadi eksekutor pun kemudian dengan dingin menuntaskan tugasnya hingga skor berubah menjadi 2-1 untuk Italia.

Skor tersebut akhirnya bertahan hingga pertandingan usai dan Baggio menjadi pahlawan yang menyelamatkan wajah Italia sekaligus menghancurkan impian Nigeria.

Italia pada akhirnya sukses melaju jauh ke final untuk berhadapan dengan Brasil. Tragisnya, Baggio yang menjadi pahlawan di babak 16 besar harus menjadi pesakitan di final.

Ia gagal mencetak gol dalam babak adu penalti sehingga Brasil-lah yang menjadi juara dengan kemenangan 3-2 di babak adu penalti.

Sobat INDOSPORT dapat menyaksikan secara utuh pertandingan klasik tersebut dengan mengklik tautan berikut.

(YOUTUBE FIFATV).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%