Liga Indonesia

Ada Bintang Persib, Para Pemain Naturalisasi Liga 1 2020 Pemilik Gelar Juara Terbanyak

Senin, 13 April 2020 17:32 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut ini merupakan para pemain naturalisasi Liga 1 2020 yang memiliki gelar juara terbanyak, termasuk bintang Persib Bandung.

Belakangan ini dunia sepak bola Indonesia tengah dibanjiri sejumlah pemain asing yang pindah warga negara alias menjalani proses naturalisasi.

Kebanyakan dari mereka menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sudah berusia uzur. Sehingga kesempatan untuk bermain dengan tim nasional Indonesia sangat minim.

Hal ini malah menjadi keuntungan bagi para peserta Liga 1 yang masih bisa mendapatkan layanan servis apik di lapangan hijau dalam mengarungi kompetisi.

Terbaru ada striker milik PSIS Semarang Bruno Silva yang terang-terangan ingin menjadi WNI karena masyarakat yang baik dan lingkungan yang bagus.

Padahal syarat menjadi WNI sangat berat. Sehingga tak semua orang asing bisa pindah begitu saja. Apalagi Indonesia dikenal memiliki masyarakat yang cukup banyak di dunia.

Meski demikian ternyata ada beberapa pemain naturalisasi yang cukup berprestasi di Indonesia. Bahkan prestasi ini juga diukir sebelum menjadi WNI.

Beberapa pemain naturalisasi Liga 1 2020 diketahui memiliki gelar trofi juara yang cukup banyak, termasuk di antaranya bintang Persib Bandung.

1. Esteban Vizcarra

© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra merayakan golnya ke gawang Barito Putera saat pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/2020). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTGelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra merayakan golnya ke gawang Barito Putera saat pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/2020).

Salah satu pemain naturalisasi Persib Bandung kelahiran Argentina Esteban Vizcarra turut menjadi legiun Liga 1 2020 yang memiliki gelar juara terbanyak.

Trofi tersebut diraih perdana saat membela Semen Padang. Gelar Liga Primer Indonesia (2011-12) dan Indonesia Community Shield (2013) sederet gelar yang diraih.

Tak hanya itu, ketika membela Arema FC, Vizcarra turut mengantarkan klub asal Jawa Timur itu meraih gelar juara Piala Presiden 2017.

2. Beto Goncalves

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi gol striker klub Liga 1, Madura United, Beto Goncalves ke gawang Persija di Piala Gubernur Jatim 2020 Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSelebrasi gol striker klub Liga 1, Madura United, Beto Goncalves ke gawang Persija di Piala Gubernur Jatim 2020

Berikutnya ada striker naturalisasi milik Madura United Beto Goncalves. Pemain kelahiran Brasil ini juga koleksi gelar juara cukup banyak.

Liga Super Indonesia pada musim 2008-09 menjadi trofi juara pertama Beto Goncalves ketika berkarier di Indonesia. Saat itu Beto membela Persipura Jayapura.

Lalu ketika berseragam Arema FC, Beto merengkuh gelar Inter Island Cup (2014-16). Kemudian saat dikontrak Sriwijaya FC, Beto turut mengantarkan gelar Piala Gubernur Kaltim 2018.

3. Ilija Spasojevic

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic mengenakan jersey dengan nama almarhumah istrinya, saat menyapa para suporter di pertandingan Liga 1 antara Bali United vs Persib Bandung, Kamis (28/11/19). Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTIlija Spasojevic mengenakan jersey dengan nama almarhumah istrinya, saat menyapa para suporter di pertandingan Liga 1 antara Bali United vs Persib Bandung, Kamis (28/11/19).

Selanjutnya, bintang Bali United Ilija Spasojevic yang juga menjadi salah satu pemain naturalisasi dengan jumlah gelar juara cukup banyak di Liga 1 2020.

Bersama Dinamo Tbilisi, Spaso meraih Gerogian League, Georgian Cup, dan Georgian Super Cup. Lalu merengkuh Liga Primer Malaysia dengan Melaka United.

Spaso turut mengantarkan Persib juara Piala Presiden 2015. Kemudian Bhayangkara FC juara Liga 1 2017 dan Bali United sukses dibawa Spaso merengkuh trofi Liga 1 2019.

4. Victor Igbonefo

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo.

Terakhir ada bek naturalisasi Persib Bandung Victor Igbonefo yang juga menjadi salah satu pemain di Liga 1 dengan mempunyai trofi juara cukup banyak.

Igbonefo meraihnya kala membela Persipura Jayapura. Liga Indonesia (2005), Liga Super Indonesia (2008-09, 2010-11), dan Indonesia Community Shield (2009).

Terakhir, Igbonefo juga merengkuh gelar juara Indonesia Inter Island Cup 2014-15 bersama Arema FC. Itulah deretan pemain naturalisasi Liga 1 2020 yang bisa disebut cukup sukses.