Liga Indonesia

Starting XI Dream Team Kelahiran DKI Jakarta Putra Betawi, Perpaduan Tua Muda

Senin, 13 April 2020 13:02 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Berikut starting XI alias formasi 11 terbaik para pesepak bola Indonesia kelahiran DKI Jakarta alias para putra Betawi. Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Berikut starting XI alias formasi 11 terbaik para pesepak bola Indonesia kelahiran DKI Jakarta alias para putra Betawi.

INDOSPORT.COM - Berikut formasi 11 terbaik para pesepak bola Indonesia kelahiran DKI Jakarta alias para putra Betawi.

Sepak bola dan Jakarta seakan tidak dapat dipisahkan. Sebagai ibu kota negara, DKI Jakarta menjadi sentral pertandingan sepak bola Indonesia.

Berbagai event sepak bola nasional mau pun internasional kerap berlangsung di Jakarta. Stadion terbesar di Indonesia pun berada di Jakarta, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Di Jakarta pun terdapat satu tim besar Indonesia, yakni Persija Jakarta. Tak hanya bicara fasilitas stadion dan klub besar saja, Jakarta juga memiliki talenta asli putra daerah.

Bahkan, bila dijadikan satu kesebelasan, bisa jadi langsung bisa memberikan prestasi sendiri di mana perpaduan pemain muda dan senior menjadi warna baru di kancah persepak bolaan Jakarta. Berikut formasinya.

Pelatih: Rudi Eka Priyambada

Kiper

© andritany Verified
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas. Copyright: andritany VerifiedKiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas.

Untuk penjaga gawang nama Andritany Ardhiyasa sudah tidak diragukan lagi. Pemain yang kerap disapa Bagol ini adalah penjaga gawang utama Persija Jakarta.

Andritany lahir di Jakarta 26 Desember 1991. Selain menjadi penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany juga merupakan penjaga gawang utama Timnas Indonesia.

Lini Belakang

Jakarta memiliki empat bek perpaduan junior dan senior. Di mulai dari sisi kiri ada penggawa Timnas Indonesia U-19, Salman Alfarid yang bisa mengisi bek kiri.

Sementara untuk dua bek tengah ada Indra Kahfi yang bermain di Bhayangkara dan Ryuji Utomo dapat menjaga jantung pertahanan Jakarta.

Sektor kiri pertahanan lebih tenang karena ada sosok Rezaldy Hehanusa. Pemain kelahiran Jakarta  7 November 1995 ini juga meruapakan andalan dari Persija Jakarta.

Lini Tengah

Beranjak ke sektor tengah, ada nama Adam Alis (Bhayangkara FC), Amarzukih, M Hargianto (Bhayangkara FC) dan Lutfi Kamal.

Adam Alis sudah tidak diragukan lagi. Meski masih terbilang muda, Adam Alis sudah banyak membela klub besar Indonesia. Bahkan ia sempat meraih predikat pemain terbaik Piala Presiden 2017 lalu.

Lalu, duet Amarzkuih dan Hargianto di sektor tengah dapat menjaga keseimbangan. Mereka ditopang dengan Lutfi Kamal juga mempertajam sektor kanan serangan Jakarta.

Lini Depan

© Muhammad Effeni/INDOSPORT
Airlangga Sucipto, striker Sriwijaya FC Copyright: Muhammad Effeni/INDOSPORTAirlangga Sucipto, striker Sriwijaya FC

Di lini depan kembali duet tua muda tersaji, diisi oleh Sutan Zico dan Airlangga Sucipto.

Sutan Zico merupakan bomber andalan Timnas Indonesia U-16 kala dipegang Fakhri Husaini. Zico juga kini membela Persija Jakarta U-20.

Ketajaman Zico akan ditopang dengan pengalaman Airlangga Sucipto. Striker gaek ini seakan mampu melengkapi Zico di lini depan.

Formasi: 4-4-2: Andritany; Salman Alfarid, Indra Kahfi, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa; Adam Alis, Amarzukih, Hargianto, Lutfi Kamal; Sutan Zico, Airlangga Sucipto

© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Starting XI yang berisikan pemain kelahiran Jakarta. Copyright: Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORTStarting XI yang berisikan pemain kelahiran Jakarta.