Liga Indonesia

Starting XI Dream Team Pesepak Bola Asal Jawa Barat

Sabtu, 11 April 2020 13:33 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Starting XI Jawa Barat di Liga 1. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Starting XI Jawa Barat di Liga 1.

INDOSPORT - Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang memiliki banyak pemain sepak bola potensial, yang tersebar di beberapa klub peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020, bahkan tak sedikit yang menjadi langganan Timnas Indonesia. 

Banyak legenda sepak bola nasional yang berasal dari Jawa Barat, diantaranya Aang Witarsa  yang bergabung dengan Timnas untuk Asian Games 1950 dan bersama Ade Dana berlaga di Olimpiade Melbourne 1956. 

Kemudian di era 1960-an muncul, Emen Suwarman, dan dilanjutkan Risnandar Soendoro, Adeng Hudaya, Encas Tonif, Djadjang Nurdjaman, Robby Darwis serta beberapa nama lainnya.

Saat ini hadir Febri Hariyadi Alftah Father serta Beckham Putra Nugraha yang sering menjadi langganan Timnas Indonesia

Selain itu, saat era kompetisi perserikatan salah satu tim dari Jawa Barat, Persib mengandalkan pemain lokal yang mayoritas berasal dari Jawa Barat.

Meski dihuni pemain lokal, skuat Maung Bandung mampu meraih gelar juara Perserikatan musim terakhir 1993/1994 dan Liga Indonesia I 1994/1995. 

INDOSPORT mencoba merangkum 11 pemain asal Jawa Barat yang saat ini masih aktif bermain di kompetisi sepak bola Indonesia dan bisa disatukan dalam satu tim. 

Kiper

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kiper baru Persija Jakarta, Shahar Ginanjar. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kiper klub Liga 1,  Persija Jakarta, Shahar Ginanjar.

Jawa Barat memiliki stok kiper yang cukup banyak, salah satunya Shahar Ginanjar yang saat ini bermain untuk Persija Jakarta di kompetisi Liga 1 2020.

Sebelum bergabung dengan tim Macan Kemayoran, kiper asal Purwakarta ini sempat bermain untuk Pelita Jaya, Persib Bandung, Mitra Kukar, Barito Putera dan PSM Makassar. 

Shahar juga merasakan dua kali gelar juara bersama tim yang berbeda, yakni Persib di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014 dan Persija di Liga 1 2018. 

Belakang 

Pada posisi bek, Jawa Barat memiliki pemain bertahan yang cukup berpengalaman seperti Dias Angga Putra (Bali United), Saepulloh Maulana (Badak Lampung), Wildansyah (Borneo FC) dan Alfath Fathier (Persija Jakarta). 

Dias Angga Putra merupakan pemain jebolan Persib U-21 dan turut membawa Maung Ngora meraih gelar juara Liga Super Indonesia (LSI) U-21 2009/2010. Pada musim 2010, ia mulai mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Persib. 

Penampilan gemilang bersama Persib Bandung membuatnya beberapa kali dipanggil membela Timnas Indonesia U-23. Dan musim 2011/2012, ia bersama Persisam Putra Samarinda sekaligus menjadi musim keduanya bermain di kompetisi profesional. 

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Bali United, Dias Angga Putra saat tampil dalam pertandingan melawan Borneo FC, 28 Agustus 2019. Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTBek  klub Liga 1, Bali United, Dias Angga Putra saat tampil dalam pertandingan.

Setelah itu, Dias direkrut Pelita Bandung Raya untuk mengarungi musim ISL tahun 2014. Pada bursa transfer 2014-2015, Dias resmi lembali ke Persib dan turut bermain di AFC Cup 2015 serta meraih gelar juara turneman Piala Presiden 2015.

Pada musim 2017 Dias direkrut oleh Bali United FC, bersama tim berjuluk Serdaru Tridatu ia merasakan gelar juara Liga 1 2019 dan bermain di AFC Cup 2020.  Saepulloh dan Wildansyah biasa dipasang sebagai bek tengah dan sudah malang melintang di sepak bola Indonesia. 

Saepulloh pernah bermain untuk Persikabo Bogor, Semen Padang, Mitra Kukar, dan Persib. Bersama Semen Padang, Saepulloh merasakan atmosfer pertandingan di level Asia, tepatnya AFC Cup 2013.

© Arif Rahman/Indosport.com
Saepulloh Maulana bermain sepakbola di kampung hingga gabung Persib Bandung. Copyright: Arif Rahman/Indosport.comSaepulloh Maulana saat bermain bagi klub Liga 1, Persib Bandung.

Sedangkan, Wildansyah memiliki kelebihan bisa bermain di beberapa posisi seperti stopper, atau bek kiri dan kanan, ia sebelumnya memperkuat Persib, Persisam, Sriwijaya FC dan saat ini bermain untuk Borneo FC. 

Alfath Fathier sebelum memperkuat Persija Jakarta di kompetisi Liga 1 2020, bermain di Persib U-21 dan turut membawa tim sepak bola Jawa Barat meraih mendali emas PON Jawa Barat 2016, setelah itu trial di tim Persib. 

Usianya yang masih muda dan potensial, membuat Persiba Balikpapan merekturnya di musim 2017. Setelah itu, Alfath memperkuat Madura United dan mendapat kesempatan bergabung dengan Timnas Indonesia serta menyumbangkan gol pada Piala AFF 2018 saat menghadapi Timor Leste.