Liga Inggris

Liga Inggris Bisa Kembali Bergulir pada Bulan Juni, tapi...

Selasa, 14 April 2020 15:08 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga Inggris bisa segera dimulai kembali pada bulan Juni 2020. Akan tetapi, dengan kondisi pemerintah dapat memastikan keamanan pertandingan.

England Football League, EFL, berencana menggelar kembali kompetisi Liga Inggris pada 6 Juni mendatang dan ingin memastikan kompetisi berjalan dengan aman. Kasta teratas (Premier League) pun kemungkinan bisa dimulai lg pada pekan yang sama pula.

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola hampir di seluruh dunia saat ini masih diberhentikan sementara waktu karena pandemi virus corona berkembang secara cepat di dunia.

Hal ini membuat banyak klub sepak bola terutama di Inggris harus mengalami krisis finansial selama liga ditangguhkan. Jika kompetisi dimulai kembali, ini membuat kondisi keuangan klub bisa kembali normal dan memastikan tidak ada yang bangkrut.

Saat ini dana darurat sebesar 50 juta poundsterling atau sekitar Rp9,8 miliar sudah disiapkan untuk klub di Championship, League One, dan League Two. Namun untuk kasta teratas Liga Inggris sendiri masih belum ada pemberitahuan lebih lanjut.

Selain itu, jika kompetisi dilanjurkan, pertandingan akan digelar secara tertutup atau tanpa dihadiri oleh penonton, dan hanya menggunakan dua stadion saja selama pertandingan berlangsung.

FA selaku federasi sepak bola Inggris menawarkan dua opsi stadion yang digunakan dalam berlangusngnya kompetisi, Stadion Wembley dan St George’s Park.

Hal ini untuk menjaga keamanan dalam suatu pertandingan jika dilanjutkan di tengah pandemi virus corona yang mengerikan.

Digelarnya kembali kompetisi Liga Inggris tak lain mendapat desakan dari beberapa klub sepak bola yang saat ini masih mengalami krisis finansial jika kompetisi diberhentikan.

Namun, klub hanya akan mendesak kompetisi dimulai kembali setelah pemerintah menganggap aman. Bahkan, banyak tim-tim sepak bola di Eropa yang sudah melakukan sesi latihan bersama-sama.