Bola Internasional

Roberto Carlos Sebut Eks AC Milan Ini Sebagai Pelatih Terbaik Sepanjang Masa

Selasa, 14 April 2020 08:32 WIB
Editor: Coro Mountana
© Angel Martinez
Roberto Carlos Sebut Eks AC Milan Ini Sebagai Pelatih Terbaik Sepanjang Masa. Copyright: © Angel Martinez
Roberto Carlos Sebut Eks AC Milan Ini Sebagai Pelatih Terbaik Sepanjang Masa.

INDOSPORT.COM - Legenda Real Madrid, Roberto Carlos mengungkapkan pelatih terbaik sepanjang masa menurutnya adalah eks AC Milan yaitu Fabio Capello.

Seperti diketahui dulunya sang maestro tendangan bebas ini memulai karier sepak bola di benua Eropa bersama klub Italia, Inter Milan pada tahun 1995. Namun sayang, ia tidak bisa berkembang selama di Inter Milan.

Kondisi tersebut melatar belakangi pemilik tendangan pisang hanya bertahan satu musim dan berani meminta presiden Inter Milan saat itu, Massimo Moratti agar mengijinkanya meninggalkan Giuseppe Meazza.

Roberto Carlos pergi bergabung dengan klub raksasa ibu kota Spanyol, Real Madrid di tahun 1996.

Bersama Los Blancos, Roberto Carlos langsung melesat menemukan bentuk terbaik permaninannya yang begitu impresif. ia mengakui perubahan ke arah lebih baik ini berkat peran penting mantan pelatihnya Real Madrid saat itu Fabio Capello.

"Saya pergi ke Madrid untuk (Fabio) Capello, dia adalah pelatih paling penting dalam hidup saya." Ujar Roberto Carlos seperti yang dikutip dari Marca.

Mantan pemain internasional Brasil itu cukup lama mendedikasikan seluruh karier sepakbolanya bersama Real Madrid hingga lebih dari satu dekade terhitung dari kedatanganya sampai mengumumkan kepindahanya dari Santiago Bernabeu pada tahun 2007.

Selama membela Los Merenque, Roberto Carlos telah bermain sebanyak 527 pertandingan kompetitif dengan mencetak 71 golyang ia lesakkan, dan banyak memenangkan gelar juara seperti di liga domestik berhasil meraih empat kali pada tahun 1997, 2001, 2003 dan 2007.

Bahkan untuk raihan gelar juara bergengsi di benua Eropa, Liga Champions diraih sampai tiga kali pada periode 1998, 2000 dan 2002.

Tak hanya sukses di pentas pagelaran klub sebakbola, Roberto Carlos juga berhasil membawa Negaranya Brasil meraih kejayaan hingga dua kali kejuaraan Piala Dunia di tahun 1998 dan 2002.

Sedangkan saat bermain di bawah arahan Fabio Capello, Roberto Carlos bermain sebanyak 74 kali dengan torehan 8 gol untuk Real Madrid. Fabio Capello sendiri diketahui merupakan eks pemain dan pelatih AC Milan sebelum melatih Roberto Carlos di Real Madrid.

Penulis : Aziz Purnomo