Liga Inggris

Selangkah Lagi Newcastle United Jadi Tim Kaya Baru Liga Inggris

Rabu, 15 April 2020 10:41 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tim asal Liga Inggris, Newcastle United, selangkah lagi akan diakuisisi oleh konglomerat Arab Saudi dan menjadi tim kaya baru di jagat sepak bola Inggris.

Melansir dari laman Daily Star, keluarga kerajaan Arab diketahui telah lama mendekati pemilik Newcastle, Mike Ashley, untuk mengakuisisi klub berjuluk The Magpies tersebut. Namun harga yang dipatok pria asal Inggris ini belum dapat dipenuhi oleh Mohammed Bin Salman selaku sang bilyuner.

Hingga akhirnya Mike Ashley yang telah menguasai Newcastle United selama 13 tahun sepakat untuk menjualnya kepada Mohammed Bin Salman dengan harga 300 juta poundsterling (Rp5,9 triliun).

Angka 300 juta poundsterling ini sejatinya bukanlah harga yang dipatok oleh Mike Ashley. Sebelumnya pengusaha asli Inggris ini mematok Newcastle dengan mahar 340 juta poundsterling. Namun, wabah pandemi virus corona membuatnya menurunkan harga yang disanggupi oleh keluarga kerajaan Arab Saudi.

Sebelumnya, Mohammed Bin Salman mendekati Newcastle United pada akhir musim 2018-2019. Hal ini lantaran dirinya ingin memiliki sebuah klub sepak bola layaknya bilyuner Timur Tengah lainnya. Namun, alotnya negosiasi dengan Mike Ashley membuat harapannya mengakuisisi The Toon Army hampir pupus.

Mike Ashley sendiri merupakan salah satu sosok yang dibenci penggemar Newcastle United. Ia mengambil alih tim asal Tyneside tersebut pada 2007 silam. Namun pengusaha asli Inggris ini dianggap tak membawa dampak penting bagi tim yang mereka cintai.