Liga Indonesia

Anggota Exco PSSI Usul Sekjen Pengganti Ratu Tisha dari Kalangan Artis

Kamis, 16 April 2020 20:37 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media PSSI
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, ikut hadir di Kongres PSSI. Copyright: © Media PSSI
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, ikut hadir di Kongres PSSI.

INDOSPORT.COM – Salah satu anggota Executive Committee PSSI, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya memiliki usulan yang menarik tentang sosok sekjen PSSI yang baru pengganti Ratu Tisha Destria.

Pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi ini mengusulkan sekjen PSSI yang baru berasal dari kalangan artis. Namun, ia tetap menegaskan bahwa artis tersebut harus paham akan bola dan memiliki kemampuan public speaking yang cukup bagus.

“Kalau saya pribadi ingin sekjen PSSI yang baru dari kalangan artis, namun ya itu harus paham soal bola dan pintar di beberapa bidang terkait kesekjenan,” tutur Yoyok Sukawi kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (16/04/20) malam.

“Paling tidak dari kalangan artis yang Bahasa Inggrisnya expert, kemampuan public speaking-nya bagus, dan memiliki kemampuan lobbying yang mumpuni,” imbuh pria yang juga CEO PSIS Semarang ini.

Walaupun mengusulkan dari kalangan artis, Yoyok Sukawi tetap ingin pemilihan sekjen PSSI yang baru nanti bisa transparan.

Ia tak ingin publik beranggapan bahwa pemilihan sekjen PSSI dilakukan secara eksklusif dan terkesan ditutup-tutupi.

“Terbuka saja, di pemilihan sekjen PSSI nanti jangan ada yang ditutup-tutupi. Namun harus sesuai mekanisme yang berlaku,” ungkapnya.

Setelah mundurnya Ratu Tisha dari kursi sekjen PSSI pada Senin (13/04/20), beberapa orang memang digadang-gadang akan menjadi suksesor alumni ITB ini di kursi sekjen PSSI.

Beberapa orang yang berpengalaman di sepak bola seperti Liana Tasno, Ira Puspita, Marco Gracia, dan Muhammad Kusnaeni ramai diberitakan sebagai calon pengganti Ratu Tisha.

Namun dari beberapa nama tersebut belum ada calon sekjen PSSI dari kalangan artis sesuai dengan usul Yoyok Sukawi selaku anggota Exco PSSI.