Liga Inggris

Legenda Ungkap Cristiano Ronaldo Tak Jadi Kapten Man United Gara-gara Wayne Rooney

Kamis, 16 April 2020 12:21 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Legenda Manchester United, Gary Neville, mengungkap Wayne Rooney penyebab Cristiano Ronaldo tak pernah jadi kapten selama kariernya di klub Liga Inggris itu. Copyright: © Getty Images
Legenda Manchester United, Gary Neville, mengungkap Wayne Rooney penyebab Cristiano Ronaldo tak pernah jadi kapten selama kariernya di klub Liga Inggris itu.

INDOSPORT.COM – Legenda klub Liga Inggris Manchester United, Gary Neville, buka-bukaan soal penyebab Cristiano Ronaldo tak pernah jadi kapten selama kariernya di Old Trafford. Rupanya, hal itu ada hubungannya dengan Wayne Rooney.

Megabintang Cristiano Ronaldo dikenal sebagai salah satu pemain yang profesional dan mental juara yang tinggi. Hal itu membuatnya ditunjuk sebagai kapten di timnas Portugal.

Namun, selama 6 tahun di Manchester United, ia tak pernah ditunjuk sebagai kapten permanen. Menurut mantan kapten Man United, Gary Neville, keputusan itu diambil manajer Sir Alex Ferguson karena pria Skotlandia itu tak mau merusak kekompakan tim.

“Saya cedera sekitar setahun setelah menerima ban kapten, dan situasinya menjadi sangat sulit bagi saya,” ujar Neville kepada Sky Sports. “Setelah itu saya merasa tidak dapat berkontribusi seperti layaknya kapten.”

 “Saya menghampiri Sir Alex yang berjalan ke lokasi latihan dan berkata, ’Saya merasa tidak pantas memimpin tim ini lagi. Tim ini berada di level yang tidak bisa saya saingi.’”

Man United sendiri ketika itu diperkuat sejumlah nama besar seperti Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Ryan Giggs, Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Edwin van der Sar, dan sejumlah pemain lain yang diketahui memiliki kepribadian yang  baik. Namun, permintaan Neville itu langsung ditolak tegas oleh sang manajer.

“Lalu, Sir Alex berkata, ’Simpan ban kapten itu, Nak. Kau dan Giggs akan bergantian memakainya. Jika saya memberikannya kepada Ronaldo, Rooney akan mengamuk. Jika saya memberikannya kepada Rooney, Ronaldo akan marah besar. Jika saya memberikannya kepada Vidic, Ferdinand tidak akan senang.’”

“Jadi, pada dasarnya saya dan Giggs menjaga ban kapten itu selama tiga sampai empat tahun hanya demi menjaga kekompakkan di ruang ganti. Kami seperti polisi pada saat itu. Sir Alex ingin memastikan kepentingan tim diutamakan. Bahkan, ketika saya merasa tidak pantas menjadi kapten pada saat itu.”

Menariknya, Vidic dan Rooney sendiri pada akhirnya ditunjuk menjadi kapten Setan Merah. Ketika Neville pensiun, Vidic menggantikannya sebagai kapten pada periode 2011-2014, sebelum kemudian Rooney mengambil alih jabatan itu pada 2014-2017.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%