Liga Spanyol

On This Day: Ketika Gol Solo Run Gareth Bale Buat Madrid Permalukan Barcelona

Kamis, 16 April 2020 16:44 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji salah satu kenangan terindah milik pemain sepak bola Real Madrid, Gareth Bale, yang sukses mempermalukan rival El Clasico mereka, Barcelona, melalui gol 'solo run'.

Real Madrid memang telah sukses mendatangkan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur pada 1 September 2013 yang lalu untuk kontrak sampai enam tahun. Madrid mendatangkannya ke Santiago Bernabeu lewat dana 91 juta euro (sekitar Rp1,5 triliun).

Datang ke LaLiga Spanyol dari Liga Inggris, paruh pertama musim awalnya bersama Madrid justru harus dinodai dengan berbagai cedera. Bale harus absen lima laga dan hanya dimainkan atau menghuni bangku cadangan sebanyak enam laga lainnya.

Meski demikian, ia mampu mencetak gol saat laga debutnya, yaitu ketika Madrid atau Los Blancos meawan Villarreal. Bale lantas mencetak gol keduanya ketika mereka menghadapi Galatasaray di Liga Champions. Saat itu, Madrid menang dengan skor 6-1.

Meskipun ia mengalami masa-masa sulit di Santiago Bernabeu, bahkan sampai hari ini, tapi Gareth Bale pernah melakukan hal fantastis yang masih terus dikenang oleh para fans klub tersebut, yaitu ketika mereka menjalani pertandingan El Clasico lawan Barcelona.

Tepat pada 16 April 2014, Madrid memang menghadapi Barcelona di final Copa del Rey 2014. Partai pamungkas itu sendiri diadakan di Stadion Mestalla dan dihadiri oleh 52,953 penonton. Madrid dilatih oleh Carlo Ancelotti sedang Barca dilatih Gerardo Martino.

Saat itu, kedua klub masih imbang kedudukannya, yaitu 1-1. Los Blancos mencetak gol terlebih dulu melalui Angle Di Maria pada menit ke-11 dan Blaugrana membalasnya melalui Marc Bartra Aregall pada menit ke-68.

Tanpa diduga, Gareth Bale ternyata mampu menjadi pahlawan Madrid. Pada menit ke-85, setelah menerima umpan dari rekannya, Bale langsung melakukan sprint melewati Marc Bartra. Ia terus melakukan solo run sampai menghadapi Jose Pinto dan akhirnya mencetak gol.

Banyak yang percaya bahwa gol tersebut merupakan salah satu momen terbaik sepanjang karirnya. Apalagi, itu adalah momen dimana Bale genap menorehkan 20 gol di musim tersebut dan itu merupakan gol debutnya di pertarungan El Clasico.

Meski demikian, ternyata karirnya makin lama makin meredup. Gale makin menunjukkan tanda-tanda tidak betah di Real Madrid, khususnya saat dilatih Zinedine Zidane. Bahkan, raksasa sepak bola LaLiga Spanyol itu dikabarkan siap mendepaknya di bursa transfer musim panas 2020.