Liga Inggris

Akhir April, Pangeran Salman Akan Resmi Miliki Newcastle United

Jumat, 17 April 2020 12:18 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Bandar Algaloud/GettyImages
Klub Liga Inggris, Newcastle United, akan resmi menjadi milik putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohamed bin Salman, pada akhir bulan April. Copyright: © Bandar Algaloud/GettyImages
Klub Liga Inggris, Newcastle United, akan resmi menjadi milik putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohamed bin Salman, pada akhir bulan April.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris, Newcastle United, akan resmi menjadi milik putra mahkota Arab Saudi,  Pangeran Mohamed bin Salman, pada akhir bulan April 2020.

Newcastle United tampaknya akan segera meresmikan status baru mereka sebagai klub kaya baru menyusul pendekatan yang dilakukan Pangeran Mohamed bin Salman. Dilansir Independent, proses peralihan kepemilikan Newcastle dari tangan Mike Ashley kepada sang putra mahkota Arab Saudi akan beres akhir April ini.

Pangeran Salman, melalui Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF) telah mengajukan tawaran senilai 300 juta poundsterling, atau kurang lebih Rp5,9 triliun, yang telah disepakati oleh pemilik Newcastle saat ini, Mike Ashley.

Angka 300 juta poundsterling ini sejatinya bukanlah harga yang dipatok oleh Mike Ashley. Sebelumnya pengusaha asli Inggris ini mematok Newcastle dengan mahar 340 juta poundsterling. Namun, wabah pandemi virus corona membuatnya menurunkan harga yang disanggupi oleh keluarga kerajaan Arab Saudi.

Pihak PIF meyakini mereka tidak akan menghadapi hambatan apa pun dalam proses pembelian ini, termasuk ketika menjalani uji pemilik dan direktur yang biasa dilakukan pengelola Liga Primer kepada para calon pemilik baru klub.

Namun, sejumlah pihak mengkhawatirkan upaya pembelian Newcastle ini merupakan siasat Arab Saudi untuk melakukan pencucian uang.  Hal ini juga ditambah dengan adanya tuduhan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Pangeran Mohamed Bin Salman di negaranya.

Kabar pembelian Newcastle sendiri  telah menimbulkan kehebohan di dunia sepak bola selama beberapa hari terakhir. Kabar ini bahkan turut menyeret nama mantan manajer Juventus dan AC Milan, Massimiliano Allegri.

Pria Italia itu disebut menjadi incaran utama Pangeran MBS sebagai manajer baru Newcastle United. Kesediaan sang pangeran mengucurkan dana besar untuk mendatangkan pemain baru, ditambah keberadaan Allegri di kursi kepelatihan, membuat Newcastle diprediksi akan menjadi kekuatan baru di Liga Inggris.

Sebelum Pangeran Mohamed Bin Salman, sejumlah nama lain sempat dikaitkan dengan kabar pembelian Newcasle. Dua tokoh yan sebelumnya disebut meminati klub berjuluk The Magpies ini adalah petinju AS, Floyd Mayweather Jr, dan Sheikh Khaled yang merupaka sepupu dari pemilik Manchester City.